Xavi Puji Valverde, Sindir Barcelona

Pemain Al-Sadd sekaligus legenda hidup Barcelona, Xavi Hernandez, memuji langkah Barcelona mendatangkan Ernesto Valverde sebagai suksesor Luis Enrique. Valverde yang sebelumnya menjadi pelatih Athletic Bilbao ditunjuk menggantikan Enrique yang mengundurkan diri jelang akhir musim lalu.

Xavi menilai Valverde merupakan pelatih yang tepat bagi Barca dan mampu meneruskan gaya bermain indah yang selalu diperagakan oleh klub asal Catalan tersebut.

“Saya suka pertaruhan (klub) pada Valverde,” ujar gelandang berusia 36 tahun itu dalam sebuah wawancara dengan majalah digital The Tactical Room.

“Dia merupakan tipe pelatih yang memiliki persiapan, dia memiliki segudang pengalaman, dan dia mengenal klub ini dengan baik. Dia telah mengenal dengan baik gaya bermain (Barcelona) dan dia akan melakukannya dengan baik. Kedatangannya (ke Barcelona) akan mendorong kembalinya gaya bermain ortodoks.”

Meski demikian, Xavi tidak sepenuhnya senang dengan kebijakan dari manajemen Barcelona. Xavi menilai Barcelona saat ini melupakan para pemain akademi mereka (La Masia) dan lebih banyak percaya dengan membeli pemain dari klub lain. Xavi ingin agar klub lebih memperhatikan pembinaan pemain muda.

Menurut Xavi, para pemain akademi akan menjadi nilai tambah sendiri bagi Barcelona karena mereka telah diajari sejak belia konsep bermain klub dan tak akan kesulitan ketika diberikan kesempatan bermain di tim utama.

“Secara umum Barcelona tengah tertidur,” Sindir Xavi terkait dengan kurangnya kesempatan para pemain muda bermain di tim utama. “Mereka harus meningkatkan akademi dan model permainan mereka. Para pemain muda harus belajar bentuk dari permainan ini sehingga ketika tiba di tim utama, mereka memiliki konsep yang telah dipelajari dengan benar.

“Para pelatih akedami memiliki tugas menjadikan mereka sebagai pemain dan melatih mereka. Anda harus membentuk mereka sejak usia dini. Jika anda berhasil maka itu hebat meski itu bukanlah tujuannya.”

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply