Wenger: Gaji Semusim Berubah Jadi Seminggu dalam 20 Tahun

Wenger: Gaji Semusim Berubah Jadi Seminggu dalam 20 Tahun

Arsene Wenger sudah berada di Arsenal selama 20 tahun. Karena itu ia paham bagaimana perkembangan sepak bola Inggris. Salah satu hal yang mencolok adalah perkembangan gaji para pemain yang meningkat drastis.

Wenger datang pada tahun 1996 dan jadi bagian dari revolusi Liga Inggris. Liga Inggris yang awalnya kental nuansa lokal mulai jadi merek internasional. Dua dekade berlalu, Liga Inggris pun berdiri mantap sebagai Liga Terbaik di dunia.

Dalam 20 tahun perjalanannya, Wenger melihat ada banyak perkembangan yang terjadi, termasuk dalam hal gaji pemain.

“Saya rasa gaji rata-rata pemain ada di angka 200 ribu poundsterling per tahun. Saya percaya saat itu adalah momen ketika Liga Inggris mulai berubah.”

“Jika saya membeberkan gaji pemain terbaik saya di tahun 1996 dan kondisi gaji saat ini, maka kalian akan melihat sebuah evolusi. Semua ini dikarenakan Liga Inggris semakin global,” tutur Wenger seperti dikutip Mirror.

Sebagai perbandingan, bintang Manchester United, Zlatan Ibrahimovic dikabarkan menerima 260 ribu poundsterling untuk tiap pekannya musim ini.

Masuknya sejumlah investor disebut Wenger berperan besar di balik kemajuan Liga Inggris saat ini. Chelsea dan Manchester City adalah simbol perubahan besar dari datangnya investor di dekade 2000-an.

“Saat itu klub Inggris dimiliki oleh orang Inggris. Namun saat ini perusahaan kelas dunia memiliki klub-klub Liga Inggris,” ucap Wenger.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply