Verifikasi Liga 1 Hampir Rampung, BOPI Bakal Keluarkan Rekomendasi 10 Mei

Verifikasi Liga 1 Hampir Rampung, BOPI Bakal Keluarkan Rekomendasi 10 Mei

Ketua Umum Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Richard Sambera, menyebut proses verifikasi terhadap penyelenggaraan Liga 1 2019 hampir rampung. Rekomendasi bakal keluar dalam waktu dekat.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengajukan permohonan rekomendasi bergulirnya Liga 1 sejak beberapa waktu lalu. Liga 1 2019 dijadwalkan kickoff pada 15 Mei, mundur sepekan dari jadwal semula pada 8 Mei.

Richard mengaku saat ini LIB masih melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Sejauh ini, dia menyebut LIB sudah cukup kooperatif untuk memastikan kompetisi berjalan aman.

“Jadi kami pada saat finalisasi dan kami harapkan tanggal 9 sudah rampung, jika tidak ada hal-hal lain yang menghambat mungkin tanggal 9 bisa ditandatangani, dan nanti tanggal 10 akan ada acara formalitas penyerahan rekomendasi tersebut kepada PT LIB,” ujar Richard.

“Saat ini sudah 95 persen, tapi masih ada beberapa yang masih kami tunggu dokumennya, tapi diberikan keyakinan sebelum tanggal 9 (Mei) itu atau pada tanggal 9 (Mei) itu sudah selesai semua,” sambungnya.

“Proresnya kami pandang baik, LIB sudah tiga kali meeting sampai malam di sini. Dan ini sesuai yang kami sampaikan kepada federasi (PSSI) dan LIB bahwa kami memandang performa kalian di Piala Presiden.”

Pada proses verifikasi, BOPI juga sempat meninjau langsung stadion empat klub peserta Liga 1, yaitu Persipura, Semen Padang, Bali United, dan Perseru Badak Lampung FC untuk melihat kesiapannya. Jika dianggap masih memiliki kekurangan, BOPI akan melaporkan kepada LIB.

BOPI melihat semua kesiapan itu berdasarkan dari administrasi perundang-undangan negara. Empat venue stadion juga hanyalah bagian dari sample, yang pada akhirnya menyangkut stadion adalah ranah dari federasi dan operator. BOPI sekadar memberi catatan kekurangan venue seperti terkait kondisi lapangan dan juga penerangan.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply