Ungguli Liverpool, Barcelona Dapat Uang Terbanyak di Liga Champions

Liverpool meraih gelar Liga Champions 2018/19. Meski begitu, justru Barcelona yang meraih pendapatan terbesar di kompetisi tertinggi Eropa itu musim lalu.

Diberitakan oleh Marca, Blaugrana mendapat uang sebesar 117 juta Euro. Mereka takluk secara agregat 3-4 dari Liverpool di babak semifinal. Sedangkan Liverpool yang menjadi kampiun ‘hanya’ mendapat 111 juta Euro.

Perbedaan 6 juta Euro tersebut dikarenakan berbagai faktor, yakni jumlah hadiah uang dari pertandingan, koefisien historis di liga champions, serta hak siar televisi.

Diketahui, untuk koefisien historis saja, Barca mendapat 34 juta Euro, sedangkan The Reds cuma 23 juta Euro. Perbedaan itu dikarenakan Blaugrana selalu tampil di Liga Champions selama 10 tahun terakhir, sedangkan Liverpool sempat absen selama lima musim.

Di peringkat ketiga, ada finalis musim lalu, Tottenham Hotspur, yang meraup 101 juta Euro. Jawara Italia, Juventus, berada di urutan keempat dengan pendapatan 95 juta Euro.

Manchester United dan Manchester City berada di urutan berikutnya. Dua tim sekota itu mendapat jumlah yang sama, yakni 93 juta Euro.

Setelahnya, ada Paris Saint-Germain, Real Madrid, dan Atletico Madrid yang sama-sama mendapat 85 juta Euro. Raksasa Jerman, Bayern Munich, menempati urutan ke-10 dengan pendapatan sebesar 82 juta Euro.

Sementara itu, Ajax Amsterdam terlempar dari posisi sepuluh besar. Meski mencapai babak semifinal di musim lalu, Dusan Tadic dkk hanya mendapat 78 juta Euro dan menempati urutan ke-12. Hal itu dikarenakan rendahnya nilai hak siar mereka.

Berikut daftar klub dengan pendapatan terbesar di Liga Champions 2018/19:

1. Barcelona (117 juta Euro)

2. Liverpool (111 juta Euro)

3. Tottenham Hotspur (101 juta Euro)

4. Juventus (95 juta Euro)

5. Manchester United (93 juta Euro)

6. Manchester City (93 juta Euro)

7. Paris Saint-Germain (85 juta Euro)

8. Real Madrid (85 juta Euro)

9. Atletico Madrid (85 juta Euro)

10. Bayern Munich (82 juta Euro)

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply