Tottenham memiliki pertahanan yang susah ditembus

Tottenham memiliki pertahanan yang susah ditembus

Sejak ditangani Pochettino, Tottenham memang memiliki prospek cerah. Namun jika berbicara strategi permainan, skema pertahanan Pochettino merupakan salah satu yang terbaik di Liga Inggris. Hal ini pun kembali terlihat pada musim ini.

Dari sejauh enam pekan yang sudah berjalan, Tottenham saat ini baru kebobolan tiga kali saja. Jumlah tiga kali clean sheet pun merupakan yang terbanyak sejauh ini. Sementara perlu diketahui bahwa di Liga Primer Inggris musim ini mencatatkan clean sheet lebih sulit dibanding musim lalu.

Memang Sergio Aguero sejauh ini masih menjadi momok bagi pertahanan seluruh kesebelasan Liga Primer, namun Celtic (lagi-lagi) mencontohkan jika Aguero pun bisa dimatikan (pada laga tersebut Aguero tak mencetak gol).

Celtic bermain dengan garis pertahanan rendah dan tekel yang cukup agresif (20 kali berhasil atau pelanggaran dari 47 kali percobaan). Dengan tak adanya De Bruyne, ancaman dari sepakan bola mati mungkin akan lebih berkurang karena gelandang asal Belgia tersebut acap kali membahayakan gawang lawan baik dengan umpannya maupun dengan percobaan tembakannya.

Tekel agresif sendiri cukup menjadi salah satu ciri khas skema bertahan Tottenham. Saat ini Tottenham menempati peringkat ketiga untuk urusan pelanggaran terbanyak (13 kali per pertandingan). Sementara dalam melakukan tekel, The Lilywhites mencatatkan 18 tekel per laga, yang merupakan kesembilan terbanyak di Liga Primer.

Para pemain Tottenham yang cukup andal dalam melakukan tekel adalah Dany Rose (4,7 kali per game), Victor Wanyama (2,5 kali per game), dan Kyle Walker (2,3 kali per game). Jika melihat posisi ketiga pemain tersebut, Tottenham cukup agresif di sisi kiri pertahanan dan memiliki pemain yang siap merebut bola di tengah dan sisi kanan.

Dari statistik di atas, serangan sayap lawan memungkinkan untuk diredam lini pertahanan Tottenham. Sementara itu City memiliki Raheem Sterling yang saat ini sedang on fire. Nolito, yang biasanya menghuni pos winger, akan absen yang kemungkinan posisinya akan ditempati oleh Leroy Sane.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply