Teknik Saja Tak Cukup, Morata

Teknik Saja Tak Cukup, Morata

Secara teknik, Chelsea mengakui Alvaro Morata salah satu yang terbaik di dunia. Tapi penyerang asal Spanyol itu masih perlu memoles pemahaman taktiknya.

Morata kesulitan di Chelsea musim ini. Penyerang 26 tahun ini baru bikin lima gol dari 16 penampilan di Premier League sejauh ini.

Eks pemain Real Madrid ini bahkan sudah puasa gol di enam pertandingan terakhir liga. Secara keseluruhan, Morata bermain 22 kali di seluruh ajang dan menyumbang tujuh gol.

Sementara Morata seret gol, tugas menjebol gawang lawan pun diambil alih Eden Hazard. Hazard sudah bikin 12 gol sementara ini dan jadi top skorer tim. Namun ini tak berarti persoalan lini depan Chelsea teratasi.

Manajer Chelsea Maurizio Sarri mengakui itu, bahkan menyiratkan harapan untuk mendapatkan penyerang anyar. Tapi keputusan kembali ke manajemen.

Di sisi lain, rumor perekrutan penyerang baru semakin membuat posisi Morata tersudut. Asisten Manajer Chelsea Gianfranco Zola menyebut tim pelatih sebenarnya percaya kualitas individu Morata, tapi secara taktik perlu ada perbaikan signifikan.

“Secara teknik, dan ini adalah alasan kami berinvestasi besar padanya, kami rasa dia adalah sosok nomor sembilan paling sempurna untuk kami. Maurizio sudah selalu bilang itu. Secara teknik, tanpa keraguan dia adalah salah satu yang terbaik,” ujar Zola dikutip Sky Sports.

“Saya rasa dia harus sedikit lebih baik secara taktik, karena dengan tipe sepakbola sekarang ini, sepakbola begitu rapi sehingga Anda perlu lebih baik secara taktik. Kemampuan teknis saja tidak cukup.”

“Menurut saya, dia perlu berkembang dalam hal ini. Dia sudah berupaya sejauh ini, dia punya sikap yang bagus. Dia merasa bahwa dia tak mencetak gol cukup banyak dan merasakan tanggung jawab besar atas itu.”

“Namun dia harus belajar meninggalkan segala sesuatunya di belakang, karena pemikiran semacam itu hanya jadi beban yang Anda bawa ke lapangan dan itu tak membantu Anda tampil lebih baik,” imbuhnya.

Morata dibeli pada musim panas 2017 seharga 66 juta euro dari Real Madrid. Dia jadi pembelian termahal kedua Chelsea sejauh ini, hanya kalah dari Kepa Arrizabalaga yang didatangkan seharga 80 juta euro

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply