Sempat Tersingkir dari Starter Arema, Joko Ribowo Ingin Bangkit di Liga 1

Persaingan di sektor kiper tampaknya jadi yang paling panas di tim Arema FC. Bagaimana tidak, ada lima kiper yang akan bersaing. Mereka adalah Kurniawan Kartika Ajie, Reky Rahayu, Joko Ribowo, Utam Rusdiana, dan Tedi Heri. Kesemuanya memiliki kualitas yang tidak berbeda jauh.

Joko Ribowo pernah merasakan jadi kiper utama Arema dalam beberapa uji coba dan pertandingan pertama Piala Presiden 2018. Tetapi, setelah gawangnya kebobolan dua gol dari Persela Lamongan di laga perdana Piala Presiden 2018, dia tergeser Kartika Ajie.

Joko tidak pernah lagi bermain hingga langkah Arema terhenti di fase 8 besar. Bahkan saat internal game melawan Akademi Arema di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (10/2/2018), mantan kiper Mitra Kukar ini juga tidak diturunkan.

Kemungkinannya ada dua. Arema sedang memberikan jam terbang kepada kiper lain atau memang kualitasnya dinilai masih kurang memuaskan tim pelatih.

“Tapi, saya sendiri punya target. Di kompetisi resmi Liga 1 harus bisa main,” kata Joko Ribowo.Dari segi kematangan, sebenarnya dia kiper yang paling kenyang pengalaman. Hampir setiap musim dia berpindah klub untuk mencari tantangan.

Dari segi usia, dia juga yang paling senior di antara kiper lainnya, yaitu 28 tahun. “Kemarin mungkin saya sedang capek. Sekarang waktunya kerja keras lagi,” imbuhnya.

Kiper yang mengawali karier di Persema Malang ini terlihat beberapa kali menambah porsi latihan sendiri. Bahkan dia sempat ikut latihan di tim Arema U-19 ketika tim senior sedang libur. Selain itu, latihan di tempat fitness jadi menu lainnya. “Saya juga ingin menurunkan berat badan lagi,” ujarnya.

Joko sudah memahami persaingan kiper di Arema sangat ketat. Itulah mengapa dia harus latihan ekstra agar bisa mendapat kesempatan di kompetisi.

Terdekat, Arema akan mengikuti Piala Gubernur Kaltim (PGK) II pada 23 Februari-4 Maret 2018. Namun, target Joko tidak ada pada turnamen pemanasan melainkan tetap ingin tampil di kompetisi reguler.

Dalam PGK II, tim pelatih Arema sudah memberikan sinyal akan menjajal sejumlah pemain yang jarang mendapat kesempatan. Untuk sektor kiper, bisa saja Reky Rahayu, Tedi Heri atau Utam Rusdiana yang dapat kesempatan lantaran tiga kiper itu masih minim kesempatan dalam uji coba dan Piala Presiden.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply