Sekalipun Tanpa Xavi-Iniesta, Messi Tetap Hebat

Ada anggapan Lionel Messi tidak bisa apa-apa tanpa Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Tapi, statistik membuktikan, Messi justru lebih oke saat ini.

Ini terkait performa Messi saat bersama Barcelona dan Timnas Argentina. Messi di Tim Tango tidak sehebat Messi versi Barca di mana kerap gagal tampil oke bersama negaranya di turnamen-turnamen besar.

Messi seperti bekerja sendirian di timnasnya dan tanpa bantuan berarti dari rekan-rekannya yang notabene bukan pemain sembarangan. Publik menilai bahwa Messi tidak bisa tampil oke karena Argentina tidak memiliki pemain seperti Xavi dan Iniesta.

Kedua pemain itu begitu penting perannya dalam permainan tiki-taka Barca sehingga Messi dengan mudahnya mencetak gol demi gol. Tapi, apakah Messi memang bergantung betul pada kedua pemain itu?

Sejauh ini, statistik yang ada justru membantahnya. Dimulai saja dari Xavi yang meninggalkan Barca pada 2015, Messi dalam kurun empat tahun terakhir membuat 181 gol dari 193 pertandingan! Jika dirata-rata Messi nyaris mencetak gol di setiap laga atau 45 gol per tahunnya.

Torehan gol itu mungkin cuma bisa disamai oleh Cristiano Ronaldo dalam kurun waktu sama. Lalu, ketika Xavi pergi dari Barca, Neymar perlahan mulai menggantikan tempat sebagai mesin assist untuk Messi.

Namun, ketika Neymar pergi ke Paris Saint-Germain tahun 2017, Messi bikin 82 gol dari 92 penampilan di seluruh kompetisi. Andres Iniesta jadi pelayan Messi terakhir yang meninggalkan Barca akhir musim kemarin.

Kalau ditotal, Messi bikin 304 gol selama periode 2015 hingga 2019, di mana Xavi, Neymar, dan Iniesta satu per satu pergi meninggalkannya. Jumlah itu setengah lebih dari total golnya di Barca yang mencapai 593 gol menurut catatan Transfermarkt.

Bahkan Messi musim ini bisa bikin 41 gol dari 38 penampilan. Selain itu, Messi juga jadi mesin assist rekan-rekannya dengan torehan 21 assist. Menurut Anda bagaimana?

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply