Satria Muda Juara NBL

Satria Muda (SM) Britama menjuarai NBL Indonesia 2014/2015 setelah mengalahkan Pelita Jaya Energi MP 62-54 pada final yang berlangsung di Hall A Senayan, Jakarta, Minggu (10/5).

SM menjadi juara untuk kali ketiga dalam lima musim penyelenggaraan NBL setelah musim 2010/2011 dan 2011/2012. Tim besutan Cokorda Raka Satrya Wibawa itu berhasil mengakhiri dominasi Aspac Jakarta yang menjadi juara dalam dua musim terakhir.

Bagi Pelita Jaya, ini adalah kali kedua mereka hanya menjadi runner-up NBL setelah pada musim 2012/2013 dikalahkan Aspac di final.

Laga final antara SM melawan Pelita Jaya, yang merupakan dua tim terbaik di kompetisi reguler, berlangsung ketat dan menarik. SM yang didominasi banyak pemain muda berhasil menggebrak kuarter pertama dengan keunggulan 18-13.

Pelita Jaya yang diperkuat dua mantan pemain veteran SM, Amin Prihantono dan Faisal J. Achmad, berhasil membalikkan keadaan di kuarter kedua. Dengan keunggulan 20-10 di kuarter kedua, Pelita Jaya mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 33-28 atas SM.

Di kuarter ketiga, SM kembali bangkit. Memanfaatkan menurunnya performa Pelita Jaya, SM sukses mencetak 18 poin di kuarter ketiga. Sementara Pelita Jaya hanya mampu menambah enam poin.

Pertandingan semakin menarik di kuarter keempat. Kedudukan sempat imbang 51-51 saat laga menyisakan tiga menit. Pelita Jaya berbalik unggul 54-51 berkat lemparan tiga poin Amin.

Ironis bagi Pelita Jaya, lemparan tiga angka Amin merupakan kali terakhir mereka mampu menciptakan poin di laga final. Tidak lama berselang dua free throw Rony Gunawan membuat skor 54-53 masih untuk Pelita Jaya.

Rony yang merupakan kapten SM, kembali mendapat kesempatan free throw setelah dilanggar Kelly Purwanto. Kedudukan pun imbang 54-54 setelah Rony hanya mampu melakukan satu kali free throw.

SM berbalik unggul 56-54 melalui lemparan dua angka Arki Dikania Wisnu saat pertandingan menyisakan 44,17 detik. SM pun semakin menjauh setelah Christian ‘Dodo’ Sitepu dan Rony menyumbang angka.

Kemenangan 62-54 SM di babak final ditutup dengan lemparan dua angka Arki. SM pun merebut gelar NBL ketiganya.

Total SM sudah merebut delapan gelar kompetisi bola basket kasta tertinggi Indonesia (IBL dan NBL). SM juga dipastikan menjadi juara terakhir kompetisi NBL di bawah pengelolaan PT Deteksi Basket Lintas (DBL).

50 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply