Rapor Pemain Persija Jakarta Usai Gagal Menang 10 Laga Beruntun

Persija Jakarta kalah 0-1 dari PSM Makassar pada pekan ke-16 Torabika Soccer Championship (TSC), presented by IM3 Ooredoo, di Stadion Manahan, Solo, Minggu (21/8/2016) sore WIB. Gol semata wayang Juku Eja diciptakan oleh Maldini Pali pada menit ke-75.

Skuat asuhan caretaker Persija, Jan Saragih ini sebenarnya bermain menyerang sejak peluit ditiupkan. Berbagai peluang matang berhasil diciptakan anak-anak Macan Kemayoran. Sayangnya tak ada satu pun peluang yang menjadi gol.

Salah satunya terjadi ketika Abrizal Umanailo yang tinggal berhadapan dengan kiper PSM, dia justru melepaskan tembakan yang melayang tinggi di atas mistar gawang. Kegagalan memanfaatkan peluang ini membuat Persija gagal meraih poin dan terus melanjutkan tren 10 pertandingan beruntun tak pernah menang.

Hasil minor ini membuat posisi Persija terjerembab di peringkat ke-16 dengan koleksi 16 poin. Sedangkan PSM, berada di posisi ke-11 dengan raihan 20 poin.

Berikut adalah rapor pemain Persija ketika takluk dari PSM:

Andritany Ardhyasa (5,5): Andritany mampu membuat dua penyelamatan dari tiga tembakan ke gawang milik PSM. Sayang dia gagal menepis peluang sepakan Maldini Pali yang mampu mengoyak gawangnya.

Andik Andika Rama (5): Dika Rama sebenarnya bermain sangat disiplin sepanjang pertandingan. Dia juga rajin membantu serangan. Sayang, bola hasil umpannya banyak yang tidak tepat sasaran.

William Pacheco (6): Ketenangan Pacheco menjadi kunci sukses mematikan pergerakan Ferdinand Sinaga sepanjang laga.

Gunawan Dwi Cahyo (6): Bersama Pacheco, Gunawan sebenarnnya tampil apik. Intersep yang dia lakukan sering membuat serangan PSM kandas sebelum mampu mengancam gawang Andritany.

Rezaldi Hehanusa (5): Rezaldi tampil sangat disiplin dalam menjaga pertahanan. Intensitasnya dalam membantu serangan juga sangat tinggi. Namun, kondisi itu justru membuat fisik Rezaldi terkuras hingga akhirnya gagal menutup bola tembakan Maldini Pali yang menghasilkan gol.

Maman Abdulrahman (5): Bermain sebagai gelandang bertahan pada laga ini membuat Maman tidak tampil apik seperti biasanya. Tercatat dua kesalahan Maman yang melepaskan tekel terburu-buru nyaris membuat penyerang PSM mencetak gol.

Hong Soon-Hak (6): Hong memerankan tugas sebagai playmaker Persija dengan sangat baik. Peluang-peluang Persija pada laga ini selalu berawal dari sentuhannya.

Amarzukih (5,5): Amarzukih tampak lebih didorong ke depan untuk menjadi gelandang box-to-box. Kombinasinya dengan Hong sempat membuat Persija menguasai 3/4 jalannya pertandingan.

Abrizal Umanailo (5,5): Pergerakan Abrizal selalu membuat pertahanan PSM kerepotan. Sayangnya, dua peluang emas gagal dimanfaatkan Abrizal untuk menjadi gol.

Ramdani Lestaluhu (5): Tidak ada yang istimewa dari performa Ramdani. Tusukan-tusukan Ramdani ke kotak penalti yang menjadi ciri khasnya tak terlihat di laga ini.

Rachmat Affandi (6): Afandi sebenarnya tampil baik. Beberapa peluang juga mampu dia maksimalkan dengan baik. Sayang performa menawan kiper PSM, Syaiful membuatnya gagal mencetak gol.

Rudi Setiawan (5): Dimasukkan di babak kedua untuk menambah intensitas serangan Persija. Namun, tanggung jawab itu gagal dibuktikan oleh Rudi.

Bambang Pamungkas (5,5): Pengawalan ketat bek PSM membuat Bambang kesulitan mendapatkan peluang emas. Satu-satunya kesempatan Bepe (sapaan akrabnya) mencetak gol terjadi lewat tendangan bebas yang mampu ditepis secara heroik oleh Syaiful.

Novri Setiawan (6): Mampu menambah daya serang Persija menjadi lebih berbahaya. Namun dia tetap tak berhasil membuat Persija mencetak gol.

49 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply