Publik Dukung Irfan Bachdim Agar Hijrah ke Persib

Jelang kompetisi sepak bola Indonesia 2017, Irfan Bachdim menjadi salah satu idola yang diincar klub-klub besar di negeri ini.

Pria yang gagal memperkuat timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2016 itu telah dilepas klub promosi J-League, Jepang, Consadole Sapporo pada November tahun lalu.

Tercatat ada empat tim yang mengaku berminat memakai penyerang berusia 28 tahun tersebut. Namun hingga berita ini ditulis, Irfan belum mengikat kontrak dengan satu klub pun.

Atas dasar itu, CNNIndonesia.com menggelar jajak pendapat terbuka lewat media sosial Twitter tentang klub yang cocok mendapatkan Irfan. Jajak pendapat itu dibuka lewat akun @CNNIndonesia pada 9 Januari 2017 mulai pukul 13.50 WIB.

Adapun pertanyaannya: ‘Dari empat pilihan di bawah ini, Irfan Bachdim lebih cocok untuk memperkuat klub mana?’

Empat pilihan itu adalah Persib Bandung, Arema FC, Bali United, dan Semen Padang.

Ketika jajak pendapat daring itu ditutup tercatat ada 433 akun Twitter yang mengikuti CNNIndonesia.com menentukan pilihannya.

Hasilnya, publik pembaca CNNIndonesia.com menganggap Irfan lebih cocok bergabung dengan Persib. Sebanyak 45 persen peserta jajak pendapat yang memilih agar Irfan masuk ke tim dengan julukan Maung Bandung tersebut.

Pilihan kedua adalah Arema FC. Sebanyak 25 persen mendukung agar Irfan kembali memperkuat klub asal Malang. Sebelumnya, Irfan memang pernah bermain untuk Persema Malang kurun waktu 2010-2013 silam.

Persema adalah satu-satunya klub Indonesia yang pernah diperkuat jebolan akademi sepak bola di Belanda tersebut. Dari Malang Irfan menjajaki tim sepak bola Thailand sebelum berakhir di Sapporo selama dua musim (2015 dan 2016).

Irfan kali pertama merumput di kompetisi sepak bola Jepang pada Mei 2015. Dalam laga debutnya, Sapporo mampu mengalahkan Jubilo Iwata. Selama dua musim berada di Jepang, Irfan tercatat tujuh kali tampil dan mencetak satu gol.

Di Sapporo posisi Irfan diganti pemain terbaik dalam ajang Piala AFF 2016 yakni gelandang Thailand, Chonatip Songkrasin.

Selain Persib dan Arema, pilihan ketiga dan keempat memilih Irfan agar bermain untuk Bali United (18%) atau Semen Padang (12%).

Selain empat klub tersebut, sebetulnya Irfan pun sempat diminati Madura United. Namun, Manajer Madura United Haruna Soemitro menjatuhkan pilihannya untuk mengincar Stefano Lilipaly.

Alasannya, seperti diungkap Haruna, adalah karena Irfan sedang menjalani pemulihan cedera yang ia terima di ‘menit-menit terakhir’ jelang Piala AFF 2016.

Sebetulnya antara Persib dan Arema yang difavoritkan kuat pun masih belum pasti merekrut Irfan. Untuk Persib, sang Manajer, Umuh Muchtar mengakui ketertarikan merekrut Irfan. Namun, sambung Umuh akhir tahun lalu, saat ini tak ada slot kosong dalam timnya untuk Irfan.

Sementara itu Arema, seperti diungkap pelatih terbarunya, Aji Santoso, masih menunggu ‘lampu hijau’ dari manajemen klub. Aji menyatkaan ingin merekrut Irfan untuk melengkapi formasi pemain di lini depan. Jika Irfan merapat ke Malang, pemain berdarah Belanda itu akan menjadi tandem bermain Christian Gonzales sebagai penyerang.

“Ya artinya kami tidak punya tandem­nya Gonzales. Bachdim­ kan bisa posisi striker dan second striker,” ujar Aji pekan lalu.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply