PSSI Memasuki Babak Baru dalam Penerapan VAR

PSSI telah memasuki tahapan baru dalam rangka penerapan Video Assistant Referee (VAR) untuk Liga 1 2019. Setelah sepakat bakal mulai menerapkan VAR pada 2021, PSSI menggelar pertemuan dengan IFAB yang merupakan badan yang memiliki otorisasi penerapan VAR dalam Law of The Game.

Pertemuan dengan IFAB telah diselenggarakan di Jakarta, pada Kamis (28/11). Dalam pertemuan ini, PSSI diwakili Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria yang didampingi Kepala Departemen Perwasitan, Efraim Ferdinand, sementara Wakil IFAB yang hadir adalah Mr. David Elleray, Technical Director IFAB.

“Sesuai arahan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang saat ini sedang berada di Manila mendampingi Tim Garuda di Sea Games 30th 2019, implementasi VAR harus terus dimatangkan. Hari ini kami mengadakan pertemuan dengan IFAB untuk membahas prosedur dan kebijakan penerapan VAR,” kata Tisha di situs resmi PSSI.

“Jadi dalam implementasi VAR persetujuan akan dari IFAB. Selanjutnya FIFA hanya akan menyetujui begitu IFAB memberikan lampu hijau,” tuturnya melanjutkan.

Menurut Tisha, setelah pertemuan dengan IFBA, PSSI dan IFBA akan bertemu dengan FIFA mengenai teknis dan pathway implementasi VAR di 2021. Persiapan akan dimulai dari training SDM, penerapan teknologi, survey stadion, hingga time plan menuju 2021.

Dalam tahapan implementasi VAR, maka PSSI akan melewati enam tahapan besar yakni, perencanaan, persiapan, offline, line (non competition), persetujuan, dan live competition.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply