PSSI Akui Tidak Cukup Dana untuk Kirim Timnas Putri ke Piala AFF U-15

PSSI akhirnya mengakui masalah dana menjadi alasan tidak mengirim Timnas Indonesia Putri ke Piala AFF U-15. Biaya untuk berlaga di ajang itu disebut mahal.

Sebelumnya ramai diberitakan Indonesia menarik diri dari Piala AFF Putri U-15 yang digelar di Thailand. Dalam keterangan AFF, PSSI batal ikut karena tidak memiliki anggaran.

PSSI melalui sekjen Ratu Tisha Destria sempat membantah tudingan tersebut. PSSI disebutnya memilih fokus mempersiapkan Liga 1 putri dan persiapan menuju SEA Games 2019.

Namun, Anggota Komite Eksekutif PSSI Gusti Randa mengakui minimnya anggaran menjadi penyebab batal mengirim Timnas Putri ke Piala AFF U-15. PSSI tak punya uang.

“Tak berangkatnya Timnas Putri Indonesia memang karena kendala yang pada akhirnya tidak bisa kami berpartisipasi dan tidak bisa berangkat karena memang kami lebih ada event lain. Jadi mohon maaf sekali, mungkin tahun depan baru yang U-15 ini kami bisa berangkatkan,” ujar Gusti ketika ditemui di Hotel Sultan, Jumat (5/4/2019).

“Dan kenapa kami tidak berangkat, jawabannya tidak lain dan tidak bukan, bahwa kami kekurangan dana untuk itu. Itu saja, sih,” katanya menambahkan.

Untuk mengikuti turnamen Piala AFF, Gusti menyebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anggaran termasuk untuk transportasi dan akomodasi selama turnamen.

“Bisa bayangkan saja kalau satu tim dan ofisial berangkat sekitar 25 orang, lalu ongkos pesawat seperti Anda ketahui tahu memang mahal dan dana keberangkatan itu sekitar ratusan juta,” katanya.

“Belum lagi kan cost di sananya. Jadi memang PSSI punya program prioritas sehingga ada keterbatasan sehingga tidak berangkat. Kalau ditanya harganya itu sangat bervariatif, tergantung juga jarak tempuhnya naik pesawat,” dia menjelaskan.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply