PSM Vs Arema : Juku Eja Pesta Gol ke Gawang Singo Edan

PSM Makassar tampil garang saat menghadapi Arema FC dalam lanjutan Liga 1 2019. Di hadapan pendukungnya, Juku Eja mencukur Singo Edan dengan skor telak 6-2.

Bertanding di depan pendukungnya di Stadion Mattoangin, Rabu (16/10), enam gol skuat asuhan Darije Kalezic dicetak oleh Ferdinand Sinaga (2 gol), Rizky Pellu, Marc Klok, Ezra Walian, dan Wiljan Pluim. Sedangkan Arema hanya mampu membalas lewat gol Dedik Setiawan dan Ricky Kayame.

Kemenangan ini membuat PSM tetap di peringkat kesembilan Liga 1 dengan raihan 30 poin dari 20 pertandingan. Sementara itu, Arema tak beranjak dari peringkat kelima dengan perolehan 33 poin dari 21 laga.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah langsung tampil menekan sejak peluit kick-off dibunyikan. Mereka langsung unggul cepat di menit ke-5. Berawal dari sepakan Marc Klok yang membentur mistar gawang Arema, bola liar pun berhasil dikuasai Ferdinand Sinaga. Tendangannya yang pelan sudah cukup untuk membobol gawang Kurniawan Kartika Ajie. Tuan rumah unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Arema balik menekan. Pada menit ke-11, Makan Konate punya kesempatan menyamakan kedudukan, tapi sepakannya masih membentur tiang gawang PSM. Sepuluh menit berselang, giliran Dedik Setiawan yang mendapat kesempatan mencetak gol, namun penyelesaian akhirnya jauh dari sasaran.

Asyik menyerang, Arema justru kembali kebobolan pada menit ke-25. Berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Wiljan Pluim, Rizky Pellu berhasil menyundul bola yang menjebol gawang Arema untuk kedua kalinya.

Kembali kebobolan membuat Arema tersengat. Melihat pertahanan PSM yang belum kembali tertata rapi usai gol kedua, Arema berhasil mencuri satu gol di menit ke-26. Mendapat umpan dari Arthur Cunha, Dedik Setiawan yang berdiri bebas di sisi kanan kotak penalti tanpa ampun melepaskan tendangan keras yang tak mampu dihalau kiper PSM, Rivky Mokodompit.

Kebobolan satu gol, PSM berusaha mencari gol ketiga. Upaya itu berhasil di menit ke-38. Berawal dari handball Ikhfanul Alam di kotak penalti Arema, wasit pun langsung menunjuk titik putih. Marc Klok yang menjadi eksekutor berhasil melaksanakan tugasnya. Skor menjadi 3-1 dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, PSM tak mengendurkan serangan. Pada menit ke-49, Rizky Eka nyaris menambah keunggulan bagi Juku Eja, tapi sepakannya masih membentur tiang. Semenit kemudian, giliran sontekan Ferdinand Sinaga yang melambung tipis di atas mistar gawang Arema.

Gol keempat bagi PSM akhirnya tercipta di menit ke-58. Berawal dari suksesnya Marc Klok merebut bola dari Makan Konate, ia kemudian memberikan bola pada Wiljan Pluim yang langsung memberikan umpan terobosan untuk Ferdinand Sinaga. Penyerang berjuluk The Dragon itu dengan tenang melepaskan tendangan mendatar yang mengelabui Kuniawan Kartika Ajie.

Sepuluh menit berselang, giliran Ezra Walian yang mencatatkan namanya di papan skor. Lewat sepakan jarak jauhnya, pemain kelahiran Belanda ini membobol membawa PSM unggul jauh 5-1.

Belum puas sampai situ, PSM kembali menambah derita Arema pada menit ke-72. Berawal dari umpan Rizky Eka, Wiljan Pluim melepaskan tendangan keras yang mengoyak gawang Kurniawan Kartika Ajie untuk keenam kalinya.

Tak mau dipermalukan begitu saja, Arema berusaha mencari gol hiburan. Pada menit ke-81, pemain pengganti Ricky Kayame berhasil mengubah skor menjadi 2-6 lewat tendangan jarak dekatnya.

Pada menit ke-89, Makan Konate kembali berusaha menambah gol bagi Arema, namun sepakannya kembali membentur tiang.

Skor 6-2 untuk PSM pun bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

PSM Makassar : Rivky Mokodompit; Taufik Hidayat, Hasim Kipuw, Aaron Evans, Beny Wahyudi; Marc Klok, Wiljan Pluim, Rizky Pellu (Raphael Maitimo 78′); Rizky Eka (Rasyid Bakri 77′), Ferdinand Sinaga, Ezra Walian (Muhammad Rahmat 71′).

Arema FC : Kurniawan Kartika Ajie; Johan Ahmat Farizi (Ricky Ohorella 46′), Arthur Cunha, Ikhfanul Alam (Rivaldi Bawuo 48′), Alfin Tuasalamony; Takafumi Akahoshi, Makan Konate, Hendro Siswanto; Dedik Setiawan (Ricky Kayame 54′), Sylvano Comvalius, Ridwan Tawainella.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply