PSG Kembali Catatkan Rekor Seantero Eropa

PSG Kembali Catatkan Rekor Seantero Eropa

PSG didaulat sebagai klub dengan pengeluaran terbesar seantero Eropa sepanjang tahun 2017 kalahkan peringkat pertama Liga Inggris, Manchester City.

Hasil studi yang dilakukan European Club Footballing Landscape ini menyebutkan, penebusan klausul transfer Neymar jadikan Les Parisien berada di posisi pertama.

Namun bukan hanya pesepakbola asal Brasil itu saja yang menjadi buah bibir. Setidaknya ada enam pemain yang masuk posisi atas ranking 20 transfer termahal sepanjang masa.

Selain itu, studi tersebut juga menunjukkan, terdapat 10 transfer pemain yang banderol harganya melebihi Rp814 miliar, dua kali lipat dari tren di bursa transfer 2016.

Lima liga top Eropa memang patut mendapat julukan tersebut, sebab 80 persen dari transfer yang terjadi di sepanjang 2017 dilakukan klub-klub dari Liga Spanyol, Inggris, Prancis, Jerman dan Italia.

Khusus untuk Liga Inggris, mereka menjadi liga dengan pengeluaran terbanyak dengan total mahar sebesar Rp27 triliun, dan hanya menghasilkan Rp14 triliun saja.

Angka tersebut didominasi Manchester City yang keluarkan Rp4,05 triliun, Chelsea Rp3,8 triliun, Manchester United Rp2,6 triliun dan Everton Rp2,5 triliun, yang masuk dalam jajaran 10 pembelian terbesar.

Jika PSG berada di posisi pertama dengan total pengeluaran sebesar Rp6,8 triliun dengan kepindahan Neymar menjadi nominal terbesarnya, tidak demikian dengan Barcelona.

Barca hanya bisa duduk di peringkat ke-5 dengan total Rp3,1 triliun, walau jadikan Ousmane Dembele sebagai pesepakbola termahal kedua (ketiga setelah Philippe Coutinho yang masuk Januari 2018) sepanjang sejarah.

AC Milan yang mendapatkan suntikan dana dari konsorsium asal China habiskan uang sebesar Rp3,8 triliun duduk di peringkat ketiga.

Sementara itu juara bertahan Liga Inggris, Chelsea, ada di posisi keempat dengan total Rp3,2 triliun, diikuti Manchester United di peringkat enam dengan total Rp2,6 triliun.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply