Preview Barcelona vs Liverpool: Duel Ketat di Semua Lini

Barcelona vs Liverpool akan disajikan di leg I semifinal Liga Champions 2018/2019. Pertandingan itu menjanjikan duel ketat di semua lini.

Pertandingan Barca dengan Liverpool akan berlangsung di Camp Nou, Kamis (2/5/2019) dinihari WIB. Kedua tim menunjukkan pernampilan yang impresif di babak perempatfinal.

Los Cules menyingkirkan Manchester United dengan meraih kemenangan dalam dua leg. Tim asuhan Ernesto Valverde melaju ke semifinal dengan agregrat 4-0.

Liverpool tak kalah impresif. Mereka sudah membukukan 18 gol di sepanjang Liga Champions musim ini. Sebanyak sepertiganya dicetak ke gawang Porto. Si Merah lolos ke semifinal dengan agregrat 6-1.

Di Liga Champions, Barcelona impresif saat bermain di hadapan para pendukungnya. Selama enam tahun terakhir, Lionel Messi cs tak pernah tumbang. Rinciannya, Barca 28 kali menang dan 3 kali menuai hasil imbang.

Lebih hebatnya lagi, Barca cuma kebobolan 15 kali dalam laga-laga itu. Atau rata-rata kurang dari setengah gol.

Catatan itu masih ditambah dengan rekor belum tumbang di Liga Champions musim ini. Dalam 10 kali pertandingan, Barca menang tujuh kali dan tiga kali membukukan hasil imbang.

Kendati demikian, Liverpool tak boleh inferior. Mereka mempunyai catatan oke saat bertandang ke markas Barca. Dalam tiga lawatan di kompetisi Eropa, mereka membukukan dua kemenangan dan sekali hasil imbang.

Pada pertemuan terakhir di tahun 2007, Liverpool mempecundangi Barca 1-2 berkat gol Craig Bellamy dan John Arne Riise.

Liverpool sudah membukukan 18 gol di Liga Champions musim ini. Semua gol itu dicetak dari dalam kotak penalti, sebanyak 3 di antaranya dibukukan dengan tendangan 12 pas.

Lebih detil lagi, ada 10 gol Liverpool dibukukan dengan kaki kanan, 3 lainnya dengan tembakan kaki kiri. Sementara lima gol lain dibukukan dengan sundulan.

Ada tujuh pemain yang sudah menyumbangkan gol untuk Liverpool di Liga Champions. Yang paling produktif Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Ketiganya sama-sama sudah membukukan sebanyak empat gol.

Liverpool akan berhadapan dengan tim yang paling sedikit kebobolan di Liga Champions musim ini. Lini belakang Barca tampil kukuh hingga gawangnya baru kebobolan enam gol.

Andai buntu dari dalam kotak penalti, Liverpool sepertinya harus melakukan spekulasi tendangan jarak jauh untuk memecah kebuntuan.

Duel Barca dengan Liverpool menyajikan persaingan sengit di semua lini. Dari pos penjaga gawang, Barca mempunyai Ter Stegen. Sementara Liverpool mempunyai Alisson.

Ter Stegen melakukan sebanyak 24 kali penyelamatan. Sementara Alisson sudah 31 kali menghalau bola masuk ke gawang Liverpool. Catatan statistik itu membuktikan kalau kedua kiper mempunyai kualitas yang seimbang.

Di lini belakang, Gerard Pique cs masih memegang predikat terhebat dengan catatan kebobolan paling sedikit. Baru ada 6 gol yang bersarang ke gawang Barca.

Liverpool juga mempunyai rekor pertahanan yang cukup baik. Dalam 10 pertandingan, tim asuhan Juergen Klopp itu kebobolan sembilan kali.

Virgil Van Dijk menjadi komando lini belakang. Adu tangguh Pique dengan Van Dijk akan menjadi sajian menarik.

Di Lini tengah, Sergio Busquets yang akan menjadi jenderal lini tengah Barca. Arthur dan Ivan Rakitic yang biasanya menjadi pendampingnya.

Sementara itu, Jordan Henderson sudah kembali dimainkan di barisan gelandang. Dia didukung oleh Fabinho dan Georginio Wijnaldum yang bisa menjadi pilihan Klopp.

Adu ketajaman lini depan juga akan menjadi sajian seru lainnya. Lionel Messi masih amat dominan bersama Blaugrana. Sebanyak 10 gol sudah dibukukan oleh pemain asal Argentina itu di Liga Champions 2018/2019.

Sementara di Liverpool, trisula yang mereka miliki, Firmino, Mane, dan Salah sudah sama-sama mencetak sebanyak empat gol.

Firmino memang sempat diragukan tampil karena cedera. Tapi, pemain Brasil itu tetap dibawa saat melawat ke Camp Nou.

Prediksi Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Lenglet, Alba; Rakitic, Busquets, Arthur; Messi, Suárez, Coutinho

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Henderson, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane


0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply