Pertandingan melawan Juventus merupakan Laga Perpisahaan Luca Toni

Hellas Verona akan menjamu tamu spesial, yakni Juventus pada pekan ke-37 Liga Italia ini di Stadion Marc’Antonio Bentegodi, Senin dini hari WIB (9/5/2016). Juve yang baru saja memastikan meraih gelar juara musim ini bakal turut merayakan pesta di Verona.

Bukan pesta Scudetto, namun tuan rumah akan menggelar laga perpisahan dengan striker gaek Luca Toni yang baru mengumumkan rencana pensiunnya di akhir musim. Dalam laga kandang terakhir Gialloblu ini, Toni juga akan melepas tim yang dibelanya selama tiga tahun ke Serie B. Ya, Hellas Verona hingga pekan ke-36 ini berada di posisi buncit klasemen dengan koleksi 25 poin.

Hellas memang mengalami kesulitan di musim 2015-16. Tak pernah menang hingga awal Februari dan kebobolan 30 gol dalam 36 pertandingan. Berhadapan dengan raksasa dari Kota Turin,, mereka malah belum pernah menang di kandang sejak 2000.

Dari sisi lawan, Bianconeri terlalu perkasa untuk skuat asuhan Luigi Delneri karena mengarungi musim ini nyaris sempurna. Dalam 26 pertandingan terakhir, mereka menyapu bersih 25 kemenangan, kecuali hasil imbang melawan Bologna.

Pelatih Massimiliano Allegri berpotensi mengulang kesuksesan seperti tahun lau dengan memenangkan dua titel di akhir musim. Selain Scudetto, gelar juara Coppa Italia tengah menunggu, asalkan Gianluigi Buffon dan kawan-kawan bisa mengalahkan AC Milan di final 21 Mei 2016.

Jelang bentrokan ke Verona, Juventus mengumumkan perpanjangan kontrak Allegri hingga 2018. “Saya bangga dan antusias berada di Juventus, karena tiap tahunnya selalu ada tantangan dan tujuan baru,” ujar Allegri seperti dalam laman resmi klub.

“Juventus harus selalu kompetitif dan menang di Italia, tapi juga punya kewajiban menjadi sesuatu yang hebat di kampanye Liga Champions,” tutur eks-allenatore Milan itu.

Luca Toni menjadi bagian dari sejarah Timnas Italia yang memenangi Piala Dunia 2006 di Jerman. Selama berkarier di sepak bola profesional, dia pernah membela Fiorentina, Bayern Muenchen, hingga calon lawannya nanti Juventus.

Toni mengaku dalam jumpa pers baru-baru ini bahwa dia baru mencetak enam gol dalam 17 penampilan bersama Veerona sehingga membuatnya gampang memutuskan untuk gantung sepatu. “Saat semua bejalan dengan baik sulit untuk memikirkan soal pensiun. Tapi, ini musim terburuk dalam karier saya, juga pada level mental saya,” kata pemain 38 tahun itu.

Mencetak gol perpisahan dengan Hellas ke kandang Juventus tentu hal yang indah untuk dikenang dalam pesta perpisahan Toni. Spanduk bertuliskan Grazie Toni (Terima Kasih Toni) dipastikan bakal menghiasi tribun stadion klub sekot Chievo Verona itu. Namun, bukan tugas yang mudah untuk menerobos lini pertahanan Bianconeri yang cuma kebobolan dua gol dalam delapan laga.

Menjamu Juve kali ini, Luca Toni tak akan ditemani bek tengah Filip Helander yang masih dibekap cedera. Sedangkan penyerang sekaligus top skor tim Giampaolo Pazzini sudah dapat diturunkan dalam laga ini, bersama Mohamed Fares, Samuel Souprayen, Luca Siligardi.

46 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply