Persipura Jayapura Juga Melawan Rasisme

Demonstrasi besar-besaran di Papua terjadi karena masalah rasisme. Klub Persipura Jayapura juga melawan tindakan tersebut dari lapangan hijau.

Demonstrasi besar-besaran terjadi Manokwari pada Senin (19/8/2019). Masyarakat Papua memprotes aksi rasial yang ditujukan kepada mahasiswa Papua di Surabaya, Semarang, dan Malang.

Tindakan rasialisme itu juga ditanggapi beberapa pemain Persipura. Boaz Solossa, Todd Rivaldo Ferre, dan Friska Womsiwor, pemain Papua yang bermain untuk Barito Putera, memperlihatkan solidaritasnya di media sosial.

Boaz sempat mengunggah postingan di Instastory “Lebih terhormat mana? 1. Monyet cari ilmu di rumah manusia atau 2. Manusia cari makan di rumah monyet?”. Unggahan itu sudah dihapus, namun sudah viral di media sosial.

Sementara Rivaldo sempat mengunggah tulisan “I’m Monkey,” sebagai sikap dukungannya kepada Papua.

Belum sampai di situ, Persipura secara keseluruhan juga memperlihatkan menentang rasisme. Jelang laga melawan Barito Putera di Stadio Segiri, Samarinda, Senin (19/8), para pemain berfoto bersama dengan membawa tulisan “Stop Rasis”

Adapun Borneo FC juga mengunggah foto striker Persipura, Titus Bonai, sedang memegang tulisan “Say No To Racism” bersama bek Borneo Abdul Rahman.

Saat Boaz Solossa mencetak gol, tulisan Stop Rasis juga terlihat dari bench usai dibentangkan salah satu ofisial tim. Namun, gawang Persipura akhirnya dibobol Renan Silva sehingga laga berakhir 1-1.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply