Perseru Anggap Arema Lebih Berbahaya Tanpa Aremania

Pernyataan cukup mengejutkan keluar dari mulut pelatih Perseru, Wanderley Junior. Seusai timnya dikalahkan Arema dengan skor telak 1-4 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (11/11/2018), pelatih asal Brasil itu melihat ada kekuatan baru di tim lawannya.

Arema dinilai lebih berbahaya, justru ketika bermain tanpa Aremania. Wanderley sudah mengamati permainan Arema sejak jauh-jauh hari.

“Waktu Arema dikenai sanksi tanpa penonton hingga akhir musim, justru mereka selalu menang dengan skor yang meyakinkan. Sebaliknya, saat bermain di hadapan Aremania, mereka beberapa kali meraih hasil imbang di kandang,” kata mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

Wanderley melihat Arema tidak memiliki beban ketika bermain tanpa penonton. Hal itu yang membuat Makan Konate dkk. selalu tampil terengginas dalam tiga laga kandang terakhir. Total, Arema sudah mencetak 12 gol dalam tiga laga.

“Kalau bermain dengan Aremania, pasti ada tekanan kepada pemain Arema. Karena itu, saat bermain tanpa penonto, sebenarnya itu jadi segi positif untuk Arema,” lanjutnya.

Wanderley melanjutkan, persoalan Arema saat ini bisa jadi pada mental pemain yang masih belum kuat mengemban tekanan dari Aremania. Hal itu mengacu pada fakta, saat tengah musim, pergantian pelatih dan pemain sudah dilakukan, tetapi hasilnya tidak terlalu signifikan.

“Bagaimana hasilnya waktu pelatih dan pemain ada perubahan? Justru lebih bagus ketika tiga pertandingan terakhir ini untuk Arema,” jelasnya. Apa yang disampaikan Wanderley ada benarnya. Butuh pemain dengan mental kuat untuk bisa membela Arema karena Aremania berbeda dengan kelompok suporter lainnya.

“Sebelum pertandingan sebenarnya sudah saya sampaikan. Bermain tanpa penonton ini justru lebih menguntungkan Arema,” imbuh Wanderley.

Selama ini pemain Arema tidak pernah mengakui mereka tertekan dengan dukungan Aremania. Mereka selalu menyampaikan Aremania memberikan semangat tambahan untuk pemain.

Tetapi, kenyataannya justru yang disampaikan Wanderley lebih mendekati kebenaran.

Arema hanya berhasil sekali menang saat bermain dalam dukungan Aremania yang jumlahnya melebihi 20 ribu penonton, yakni saat menjamu Persebaya Surabaya (6/10/2018). Selebihnya, saat stadion penuh, Arema ditahan Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Borneo FC.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply