Pengganti Irfan Bachdim di Consadole Ingin Sukses di Liga Jepang

Pemain bintang Timnas Thailand, Chanatip Songkrasin, mendapat perhatian khusus menjelang perpindahannya dari Liga Thailand ke Liga Jepang. Dalam waktu dekat, Chanathip segera bergabung bersama Hokkaido Consodole Sapporo.

Chanathip Songkrasin, yang dijuluki Lionel Messi dari Thailand, pada medio Desember 2016 dipastikan hijrah ke Consadole Sapporo. Pemain kebanggaan Negeri Gajah Putih itu mengisi slot pemain Asia Tenggara, menggantikan Irfan Bachdim yang sudah menyelesaikan kontrak dengan klub yang bermarkas di Sapporo itu.

Di akhir musim lalu, Hokkaido Consadole Sapporo keluar sebagai juara J2 League sehingga musim 2017 ini bermain di kasta tertinggi, J1 League. Untuk sementara, Consadole Sapporo ada di posisi ke-15 dari 18 peserta J1 League.

Kompetisi J1 League musim 2017 memang sudah dimulai sejak 25 Februari lalu. Namun, adanya kesepakatan khusus dengan klub asal membuat Chanathip baru bergabung dengan klub barunya itu pada Juli 2017.

Sembari menunggu saat keberangkatan, Chanathip menuturkan bila saat ini kondisinya sudah lebih baik. Pemain Terbaik Piala AFF 2016 itu mengalami cedera hingga harus absen saat Timnas Thailand menjamu Uni Emirat Arab di Stadion Rajamangala (13/6/2017) pada laga kedelapan putaran ketiga Grup B kualifikasi Piala Dunia 2018.

“Cedera saya membaik, tapi kondisi saya belum 100 perseb. Saya mengambil waktu libur dan absen saat pertandingan melawan UEA karena saya harus menjalani terapi,” ujarnya seperti dikutip dari Bangkok Post, Jumat (16/6/2017).

“Saya ingin menyiapkan diri karena mencari perawatan begitu tiba di Jepang, tidak akan berpengaruh bagus pada karier saya di sana,” ucapnya.

Sebagai pemain Thailand pertama yang berkarier di Liga Jepang, beban pasti dirasakan pemain 23 tahun itu. Ia pun mengakui hal itu. “Saya akan menghadapi banyak tantangan di sana, termasuk bahasa. Tapi, yang terpenting adalah mendapatkan kesempatan untuk bermain,” katanya.

“Saya harus tetap memperbaiki diri. Saya percaya bisa mencapai tujuan di Jepang karena standar sepak bola di sana jauh lebih tinggi ketimbang di Thailand. Saya pemain Thailand pertama yang bermain di J-League dan saya berharap bisa sukses besar,” tutur Chanathip.

Dukungan datang dari Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poompunmuang. Secara khusus ia mengundang Chanathip ke kantornya untuk memberikan semangat sebelum sang pemain bertolak ke Sapporo.

“Saya mendoakan perjalanannya ke Jepang lancar dan kariernya sukses. Saya percaya kesempatan ini akan jadi pengalaman luar biasa buatnya karena J-League punya banyak pemain bagus. Yang terpenting buatnya adalah untuk belajar perilaku dan komitmen para pemain Jepang,” tutur Somyot.

“Saya berharap dia tetap sehat dan menjadi anutan baik bagi para pemain muda Thailand. Keberadaannya di J-League bisa menginspirasi pemain bertalenta Thailand lain untuk menggapai kesuksesan di liga yang lebih besar. Saya juga ingin di masa depan, Chanathip akan makin jadi bagian penting dari Timnas Thailand,” harap sang Presiden FAT.

Chanatip Songkrasin bermain di Hokkaido Consadole Sapporo dengan status pinjaman berdurasi 18 bulan dari klub asal, Muang Thong United.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply