Pemain Muda Jadi Tumpuan Sukses Timnas Spanyol

Pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui sudah punya visi seperti apa tim yang diasuhnya di masa depan. Usai hajar tuan rumah Belgia 2-0 pada laga persahabatan, Lopetegui makin yakin jika pemain muda bisa diandalkan.

Dia mengatakan, kunci sukses Spanyol bakal terletak pada keberanian untuk munculkan muka-muka baru di dalam skuat. Lawan Belgia, ada dua muka baru yaitu Koke dan Vitolo yang tampil.

Keduanya tampil fantastis dan menjadi inspirator kemenangan Spanyol lawan Belgia.

“Sedikit demi sedikit pemain muda harus ambil lebih banyak tanggung jawab. Hidup dan sepak bola seperti itu,” kata eks pelatih FC Porto itu seperti dikutip Goal.com.

“Laga tadi sangat bagus, tapi pertandingan kualifikasi melawan Liechtenstein lebih penting. Tak perlu diragukan.”

Dua gol Spanyol memang dicetak oleh pemain senior David Silva. Tapi muka-muka baru seperti Koke dan Vitolo memerankan peran vital.

Sementara itu, Lopetegui juga menjelaskan soal digantinya Morata oleh Diego Costa pada pertengahan babak pertama. Ini ternyata tidak terkait strategi, namun hanya kewaspadaan.

Dia khawatir Morata bisa cedera berat karena sudah merasakan kesakitan di kakinya.

“Itu hanya untuk jaga-jaga,” katanya.

Pencetak gol David Silva pun sangat gembira dengan kemenangan Spanyol. Dia sepakat Lopetegui butuh waktu untuk meneruskan tongkat estafet kepelatihan dari Vicente Del Bosque.

“Kami beradaptasi dengan baik. Kami butuh start bagus di kualifikasi Piala Dunia,” ujarnya.

31 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply