Pelatih Arema FC Ungkap Sisi Lemah Timnya

Pelatih Arema FC Ungkap Sisi Lemah Timnya

Meski Arema FC berhasil mengalahkan PSIS Semarang 3-1 pada laga kedua Grup E Piala Presiden 2018, Kamis (25/1) malam WIB, pelatih Joko Susilo mengaku masih kurang puas dengan penampilan timnya.

Joko Susilo menilai Arema FC masih memiliki sisi lemah yang harus dibenahi jika ingin bertahan hingga final di turnamen ini dan juga sukses di Liga 1 musim 2018. Kelemahan yang disoroti oleh sang pelatih adalah masalah mental para pemainnya.

Menurut Joko Susilo para pemainnya seperti ketakutan melakukan serangan ketika sudah unggul. Boleh jadi para pemain Arema FC sudah trauma dengan hasil di laga pertama ketika mereha ditahan imbang 2-2 oleh Persela Lamongan, setelah sempat unggul mudah 2-0 di babak pertama.

Hal itu sangat terlihat dalam laga melawan PSIS Semarang semalam. Setelah unggul 3-0 hingga menit ke 47 melalui gol bunuh diri Rio Saputro (4), gol Al Farizi (8), dan gol Thiago Furtuoso (47), Arema FC justru terlihat menurun penampilannya di 30 menit akhir laga.

Situasi itu dimanfaatkan oleh PSIS untuk bangkit mengejar ketinggalan. Tim lawan terus menekan pertahanan Arema hingga akhirnya berbuah satu gol balasan melalui Hari Nur Yulianto di menit ke 69.

Joko Susilo melihat para pemainnya seperti paranoid melakukan serangan setelah unggul. Padahal situasi seperti itu tak boleh terjadi. Dia menginginkan para pemain menjaga konsistensi penampilan selama 90 menit.

“Mental seperti paranoid, ketakutan untuk membalas serangan. Saya melihatnya masih begitu,” ucap Joko seperti dikutip dari Detik.

“Pemain harus mampu mengontrol emosi dan permainan sehingga tak terbawa rasa takut menghadapi lawan. Saya ingin pemain konsisten selama 90 menit, kontrol emosi dan game,” katanya.

Menurut Joko timnya mampu bermain bagus di menit-menit awal pertandingan. Tapi, kemudian mendadak mengendur dan membuka celah bagi lawan untuk menyerang.

“Saya mengerti dan akan memperbaiki. Agar jangan hanya di awal bisa masukkan gol, tapi juga di babak kedua maupun menit akhir,” ujarnya.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply