Nike Subsidi Gaji Frenkie De Jong di Barcelona?

Frenkie De Jong sempat diincar Paris St-Germain dan Manchester City sebelum akhirnya berlabuh di Barcelona. Ada peran Nike di balik kepindahan De Jong.

Transfer De Jong dirampungkan Barca Januari lalu setelah klub Catalan itu mencapai kesepakatan 75 juta euro dengan Ajax Amsterdam. De Jong akan menghabiskan sisa musim ini bersama Ajax sebelum gabung musim depan.

Keberhasilan Barca ini patut diacungi jempol mengingat mereka mendapat banyak saingan dari klub-klub besar Eropa yang juga menginginkan tanda tangan pemain 21 tahun tersebut. Namun, De Jong cuma punya satu pilihan yakni gabung Barca atau tidak sama sekali.

Di balik kepindahan De Jong tersebut, ternyata Barca mendapat bantuan dari Nike. Produsen alat olahraga asal Amerika Serikat itu bukan urunan uang transfer melainkan menginvestasikan uang besar dalam gaji si pemain.

De Jong kabarnya mendapat gaji 350 ribu euro per pekan atau sekitar Rp 5,6 miliar. Pemain Belanda itu jadi salah satu penggawa Barca dengan gaji tertinggi dan Nike pun ikut membantu membayarkannya.

Menurut Nike, De Jong bisa jadi bintang besar yang nantinya membawa keuntungan besar bagi mereka di masa depan. Bahkan Nike juga meminta De Jong memakai nama Frenkie di jersey dan bukan nama belakangnya.

“Saya sendiri tidak yakin apakah akan memakainya,” ujar De Jong soal permintaan Nike itu.

Barca dan Nike sudah menjalin kerjasama sejak 1998. Selama kerjasama itu, Barca jadi salah satu klub tersukses di dunia dengan torehan empat trofi Liga Champions serta 10 trofi LaLiga.

Maka wajar jika Nike pada 2016 lalu memperpanjang masa kerjasama dengan Barca hingga 2028 dengan nilai kontrak mencapai 105 juta euro per tahun atau sekitar Rp 1,68 T. Bahkan jumlah itu bisa melonjak hingga 160 juta euro jika beberapa klausul terpenuhi.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply