MU Tak Efektif di Babak Pertama, Mourinho pun Ubah Taktik

Unggul jumlah pemain sejak menit ke-15, Manchester United belum efektif saat menekan West Ham United. Jose Mourinho mengakui perlu perubahan untuk menang.

MU menang 2-0 saat bertandang ke London Stadium, Selasa (3/1/2017) dinihari WIB. Meski unggul jumlah pemain sejak menit ke-15 usai kartu merah Sofiane Feghouli, MU baru mencetak gol di menit ke-63 lewat Juan Mata dan diikuti gol Zlatan Ibrahimovic di menit ke-78.

Mourinho mengakui MU kesulitan di babak pertama untuk menembus West Ham karena kekurangan pemain saat menyerang. Dia pun mengubah taktik dengan menarik satu bek yakni Matteo Darmian dan memasukkan Mata yang merupakan gelandang serang di pergantian babak.

“Kami tidak menggunakan superioritas kami di babak pertama. Kami saat itu bermain tiga melawan nol di beberapa kesempatan (di lini belakang). (Phil) Jones, (Michael) Carrick, dan (Marcos) Rojo tak menghadapi siapapun,” kata Mourinho dikutip Sky Sports.

“Mereka punya sembilan pemain dan kami punya tujuh (di luar tiga bek). Jadi kami menarik seorang bek, menempatkan Carrick jadi bek tengah dan memasukkan Juan Mata. Kami tahu itu akan menciptakan masalah,” imbuhnya.

Faktor lain yang jadi kunci adalah masuknya Marcus Rashford di menit ke-58. Setelah lima menit di lapangan, Rashford langsung memberikan assist untuk gol Mata.

Rashford sukses mengeksploitasi sisi kanan pertahanan West Ham yang dijaga Havard Nortdveit, yang mana Mourinho tahu staminanya tak 100%.

“Saya tahu dia bermain 90 menit pada 48 jam lalu. Dan saya tahu bahwa Rashford cuma bermain 20 menit di laga terakhir dan pada dasarnya sangat fit, sangat cepat, dan saya tahu dia bisa sangat penting,” sambung pria Portugal ini.

“Dia bisa memberikan kami permainan melebar yang dibutuhkan dan saya tahu cuma soal waktu sampai kami mencetak sebuah gol,” imbuhnya.

Kemenangan itu memperpanjang rangkaian laju tak terkalahkan MU di Premier League menjadi 11 pertandingan. Mereka juga memenangi enam partai terakhir.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply