Meski Kalah di Final Piala Asia, Jepang Tak Lupa Bersih-Bersih Ruang Ganti

Jepang memang kalah di final Piala Asia 2019. Tapi, bukan berarti Samurai Biru harus meninggalkan tradisi bersih-bersih usai pertandingan.

Pada laga yang dihelat di Zayed Sports Complex, Abu Dhabi, Jumat (1/2/2019) malam WIB kemarin, Jepang harus menelan kekalahan 1-3 dari Qatar yang menjadi juara untuk pertama kalinya di Piala Asia.

Sementara, bagi Jepang ini adalah kekalahan pertama mereka di final setelah selalu jadi juara di empat kesempatan melaju ke partai puncak. Kekecewaan jelas terlihat di wajah Maya Yoshida dkk. yang sejatinya lebih diunggulkan ketimbang Qatar.

Tentunya mood para pemain bisa terpengaruh dengan hasil buruk itu. Tapi, tidak ada pengecualian untuk para pemain Jepang yang tetap melakoni ritual mereka usai pertandingan, yakni bersih-bersih ruang ganti.

Dalam foto diunggah oleh twitter resmi Federasi Sepakbola Asia (AFC), di sana memperlihatkan kondisi ruang ganti Jerman sangat begitu bersih. Handuk kembali dilipat, tak ada sampah berserakan, dan juga barang yang tertinggal di tempat duduk pemain.

Selain itu, timnas Jepang juga meninggalkan ucapan terima kasih yang dituliskan di papan putih dengan format tiga bahasa, Arab, Jepang, dan Inggris.

Aksi Jepang ini mendapat reaksi positif dari publik yang menyanjung tinggi tim tersebut, yang tetap menjaga tradisinya sekalipun dalam kondisi kalah.

Sebelum Piala Asia, Jepang dan suporternya juga dikenal sangat tertib di setiap pertandingan. Salah satunya di Piala Dunia 2018 saat menghadapi Belgia di babak 16 besar. Para pemain serta ofisial tim juga membersihkan ruang ganti stadion Roston Arena.

Mereka juga meninggalkan ucapan terima kasih dalam tiga bahasa yakni Rusia, Jepang, dan Inggris. Hebat, Nippon!

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply