Mental Pemain Timnas Indonesia Masih Perlu Diasah

Jelang penampilan di SEA Games 2017 Malaysia, para pemain Timnas Indonesia disebut masih belum bagus dari sisi mental. Evaluasi itu diungkapkan asisten pelatih timnas, Bima Sakti, Rabu (9/8).

Selain mental, di sisa waktu yang dimiliki sebelum laga perdana melawan Thailand, Selasa (15/8), kerja sama tim juga akan terus diperbaiki. Itu jadi evaluasi yang dihasilkan juru taktik tim, Luis Milla, usai kualifikasi Piala Asia U-22 2018 beberapa waktu lalu.

“Kemarin, yang pelatih bahas sebenarnya masalah taktik, masalah strategi itu semua sudah diberikan dan yang paling penting lagi masalah mental,” kata Bima.

Meski begitu, sepanjang pemusatan latihan di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH) Karawaci, Tangerang, Milla lebih menekankan materi latihan pada pemantapan taktik dan kekompakan antarpemain.

Sementara itu, Indonesia bakal berhadapan dengan Thailand di laga perdana Grup B SEA Games 2017 Malaysia. Bima mengatakan, pertandingan itu jadi hal yang sangat penting untuk timnas menjalani pertandingan selanjutnya dengan Filipina, Vietnam, Kamboja dan Timor Leste.

Soal Thailand, Bima mengungkapkan Tim Gajah Perang itu merupakan skuat yang solid dan berkarakter. Terlebih, Thailand disebut punya sejarah selalu tidak mau kalah ketika bertemu dengan Indonesia.

“Pelatih melihat performa pemain bagus saat lawan Thailand (di kualifikasi Piala Asia 2018).”

“Hanya saja, lapangan yang tidak layak untuk sebuah pertandingan. Semua pemain Thailand bagus,” jelas Bima.

Sejauh ini, Bima juga menyebut pelatih sudah mengantongi kerangka tim yang akan diturunkan di laga perdana melawan Thailand nanti. Termasuk dua kiper dan satu kiper cadangan yang akan diboyong ke Malaysia nantinya.

“Nanti pasti akan diambil yang terbaik. Semua tanggung jawab di tangan pelatih Edu (Eduardo Perez) yang setiap hari menilai perkembangan mereka,” ujarnya.

Di pemusatan latihan terakhir, Milla memanggil empat kiper, Muhammad Dicky Indriyana, Satria Tama, Kartika Ajie dan Ravi Murdianto. Dua kiper terbaik akan masuk dalam skuat dan satu lainnya disiapkan sebagai cadangan.

“Kami sudah punya rekaman video semuanya dan akan dipantau lagi pemainan mereka, taktik mereka, kelebihan mereka untuk bagaimana mencari solusinya,” ungkapnya.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply