Media Asing Membuat Dokumenter Mengenai Loyalitas Fans Sepakbola di Indonesia

Media Asing Membuat Dokumenter Mengenai Loyalitas Fans Sepakbola di Indonesia

Fanatisme dari pendukung sepakbola di Indonesia ternyata mengundang ketertarikan dari media asing ternama, Bleacher Report. Bleacher Report atau yang biasa dikenal di media sosial @brfootbal, membuat dokumenter singkat mengenai fanatisme pendukung klub sepakbola di Indonesia.

Bleacher Report pun sengaja mengirimkan reporter mereka asal Inggris, James Montague untuk meliput langsung fans klub di Indonesia. Dalam hal ini, James Montague menyaksikan laga dari tim juara dan runner-up Liga 1 musim lalu yakni Persija Jakarta dan PSM Makassar.

James melihat secara langsung laga PSM melawan Lao Toyota di Stadion Pakansari, Bogor, dalam lanjutan babak penyisihan Grup Piala AFC 2019.

Dirinya takjub melihat kesetiaan pendukung PSM dalam menyaksikan tim kesayangannya berlaga meski harus rela ribuan mil datang jauh-jauh ke Bogor.

“Penggemar di sini benar-benar luar biasa.” ucap James.

Selain itu, James pun mengakrabkan diri dengan warga lokal untuk menonton partai Liga Champions antara Bayern Muenchen melawan Liverpool. Tak hanya itu, James juga ikut menenggak minuman alkohol khas Indonesia atau Intisari.

Setelah menyaksikan laga PSM bersama para fans, perjalanan James untuk menyoroti fanatisme suporter sepak bola di Indonesia kembali berlanjut. Kali ini, James akan berjumpa dengan fans Persija Jakarta atau The Jak Mania.

James menyoroti fanatisme dari The Jak Mania dengan bersama-sama menempuh perjalanan darat selama 22 jam untuk menyaksikan Persija berlaga melawan PSS Selamn di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Sesampainya di Stadion, James dibuat takjud oleh puluhan ribu pendukung Persija yang memadati tribun stadion. James pun juga memuji atas kesetiaan fans Persija yang sangat loyal dalam mendukung Tim Macan Kemayoran kemapun mereka berlaga.

“Suporter mereka mungkin yang paling bergairah dan berdedikasi sejauh yang pernah saya datangi,” kata James.

“Dengan itu, Indonesia bisa menyamai negara manapun di bumi,” ucapnya.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply