Mantap, Fabinho

Mulai sekarang Juergen Klopp harus memberi kesempatan main lebih banyak pada Fabinho. Dinihari tadi dia tampil mantap saat mengantar Liverpool menghajar Red Star.

Dibeli mahal dari AS Monaco, Fabinho jarang diberi kesempatan main oleh Juergen Klopp. Fabinho malah baru tampil empat kali sepanjang musim, tiga sebagai pengganti dan sekali menjadi starter, itupun di Piala Liga Inggris.

Malam tadi dia dapat kesempatan langka dimainkan sejak menit awal saat Liverpool menjamu Red Star Belgrade di matchday III Liga Champions. Di Anfield, tuan rumah menang 4-0. Fabinho menunjukkan penampilan mantap sepanjang 90 menit, meski dia tak terlibat dalam gol-gol yang dilesakkan Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino.

Demi memaksimalkan Fabinho, Klopp juga mengubah formasi dari 4-3-3 menjadi 4-2-3-1. Gelandang yang baru berulang tahun ke-25 itu berduet dengan Georginio Wijnaldum sebagai jangkar, untuk menopang Xherdan Shaqiri, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino di depannya.

Hasilnya luar biasa. Fabinho menjadi pemain yang paling banyak membuat tekel pada laga ini dengan 9 tekel sukses dari 12 percobaan. Ditambah 1 intersepsi, 1 sapuan, dan 6 kali menang duel udara (nomor dua setelah Joe Gomez (8).

Tak hanya oke dalam bertahan, dia punya peran besar sebagai pengalir bola. Dari statistik Squawka, Fabinho berhasil membuat 96 sentuhan, 72 operan sukses dari 80 percobaan, dan 2 key passes. Pemain bernomor punggung 3 itu tak sekadar membagi bola ke samping atau ke belakang, karena 20 dari 21 umpan suksesnya terjadi di daerah lawan.

Fabinho pun terpilih sebagai pemain terbaik pertandingan ini versi Whoscored dengan rating 8,69.

“Sangat, sangat bagus (performa Fabinho). Hadiah untuk ulang tahunnya (23 Oktober) bukanlah memainkan dia sebagai starter, tapi memainkannya di sistem favoritnya dengan dua pemain bernomor 6 (dua gelandang jangkar),” ungkap Klopp dikutip Liverpool Echo.

“Dia bermain sangat bagus. Senang melihatnya seperti itu. Dia sangat agresif dan semuanya terlihat di sana. Laga pertama dia sejak lama, pertandingan keduanya sebagai starter, itu penampilan yang bagus.”

“Apa yang orang-orang lihat malam ini cukup impresif. Itu membantu pemain tampil baik, membantu kami, dan membantu dia juga. Ini baru awal, mari pertahankan bersama,” kata Klopp.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply