Liga 1 2019: PSM Takluk dari Madura United 2-0

Madura United mampu meraih kemenangan atas PSM Makassar dalam laga lanjutan Liga 1 2019 dengan skor 2-0 di stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Bangkalan, Kamis (4/7/2019).

Tampil dihadapan pendukungnya sendiri Madura United langsung mengambil inisiatif serangan di awal laga. Menit ke-12 peluang didapat oleh Alfath yang bergerak di sisi kiri pertahanan PSM.

Bukannya memberi umpan kepada rekannya di kotak penalti, Alfath justru melakukan gerak tipu dengan langsung menembakkan bola ke sudut gawang PSM. Beruntung, penjaga gawang PSM, Rivki Mokodompit dengan sigap menghalau bola dengan tepisannya.

Gol pembuka terjadi untuk Madura United dimenit ke-27 setelah Beny Wahyudi melakukan gol bunuh diri. Berawal dari umpan Greg ke tengah kotak penalti, Beny Wahyudi yang berusaha mengawal Alfath justru salah dalam mengarahkan bola sundulannya yang malah bersarang ke gawangnya sendiri. Madura United unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, membuat PSM semakin tertekan dan tak kunjung menemukan gaya permainan terbaiknya. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan sementara Madura United atas PSM bertahan di babak pertama.

PSM membalas dengan mengancam gawang dari Madura United menit ke-18 melalui tendangan bebas yang dieksekusi oleh Marc Klok. Namun sayang, tendangan dari Klok masih melambung tinggi dari gawang Madura United.

Hujan deras di stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan menandai dimulainya babak kedua.

Peluang pertama babak kedua didapat oleh Madura United melalui Greg dari tendangan bebas. Namun sayang, tendangan Greg masih mengenai pagar betis PSM dan hanya menyamping tipis dari gawang PSM.

PSM hampir memecahkan kebuntuan dimenit ke-54. Umpan dari rekannya, tepat mengarah ke Guy Junior yang berdiri bebas di kotak penalti tanpa pengawalan. Tetapi hal itu justru tak bisa diamnfaatkan oleh Guy Junior setelah sundulannya malah melebar ke atas mistar gawang Madura United.

Tak lama berselang, PSM pun menurunkan Eero Markkanen yang menggantikan Zulham Zamrun untuk menambah daya gedor serangan.

Namun, bukannya mampu mengejar ketertinggalan, gawang dari PSM justru kembali jebol dimenit ke-61. Beto Goncalves yang berniat mengirim umpan ke rekannya di kotak penalti justru mengenai kaki pemain belakang PSM, sehingga bola pun mengarah ke gawang PSM yang tak mampu dihalau oleh kiper Rivki Mokodompit. Madura United kembali unggul 2-0.

PSM mencoba untuk memperkecil kedudukan dengan peluang emas yang didapat Markkanen dimenit ke-81. Markkanen yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Madura United melepaskan tembakan kencang mengarah ke gawang. Tembakan dari Markkanen hampir melewati gawang dari Madura United sebelum akhirnya bisa dibuang oleh Jaimerson Xavier.

PSM mendapatkan sebuah hadiah penalti menit ke-85 setelah Marckho Sandi melakukan handsball. Namun rupanya hal itu disia-siakan oleh Marc Klok yang gagal dalam mengeksesui tendangan penalti setelah tembakannya menyamping tipis dari kiri gawang Madura United. 

Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan skor 2-0 untuk keunggulan Madura United atas PSM tetap bertahan. Alhasil, Madura United mampu membalas kekalahan mereka atas PSM pada pekan lalu di leg pertama Piala Indonesia. 

Susunan pemain Madura United vs PSM Makassar:

Madura United: M Ridho; Marckho Sandi, Fandry Imbiri, Jaimerson Xavier, Andik Rendika Rama; Zulfiandi, Asep Berlian, Alberto, Alfath, Greg Nwokolo, Aleksandar Rakic

PSM: Rivki Mokodompit; Zulkifli, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim (tengah); Zulham Zamrun, Guy Junior, M. Rahmat


0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply