Komitmen Guardiola terhadap Pemain-Pemain Muda City Dipertanyakan

Pep Guardiola dulu begitu sukses mengorbitkan pemain-pemain muda di Barcelona. Akan tetapi, Guardiola tak melakukan hal serupa di Manchester City. Komitmennya untuk mengembangkan pemain muda pun dipertanyakan.

Saat masih melatih Barca, Guardiola mempromosikan Sergio Busquets, Pedro Rodriguez, Thiago Alcantara, Sergi Roberto, Marc Bartra, Rafinha, Gerard Deulofeu, Cristian Tello, dan sejumlah pemain lainnya. Busquets dan Sergi Roberto hingga kini malah masih jadi tulang punggung Barca.

Namun, di City Guardiola lebih sering berbelanja pemain baru daripada memberi kesempatan kepada pemain binaan City. Dalam empat bursa transfer yang telah dia lewati sebagai manajer The Citizens, pria asal Spanyol itu telah menghabiskan uang sekitar 450 juta pound sterling untuk membeli pemain.

Guardiola sangat jarang memainkan pemain binaan City sebagai starter. Kelechi Iheanacho yang sempat tampil menjanjikan telah dijual. Praktis saat ini pemain muda City yang tersisa di tim utama tinggal Tosin Adarabioyo, Phil Foden, Brahim Diaz, dan Lukas Nmecha. Tapi, kesempatan main untuk mereka juga sangat terbatas.

Manajer Burnley, Sean Dyche, menyebut Guardiola telah meninggalkan filosofinya dalam mengembangkan pemain muda. Tapi, Dyche memaklumi hal itu karena Guardiola dituntut untuk memberi trofi kepada klubnya.

“Saya pikir mereka adalah tim bagus, tak ada keraguan sedikit pun soal itu. Saya pikir sekarang situasinya berbeda. Anda mengumpulkan pemain-pemain top, jika tidak di dunia maka di Eropa, membentuk mereka menjadi sebuah tim,” ujar Dyche, yang akan memimpin Burnley pada laga melawan City di Turf Moor, Sabtu (3/2/2018).

“Saya pikir ini adalah hal yang berbeda dengan beberapa tim Man United di masa lalu di bawah Sir Alex, yang dibentuk sebagian dari rekrutan-rekrutan yang sangat bagus dan sebagian dari sistem pembinaan sendiri. Sekarang pemikirannya berbeda. Saya pikir tuntutan Premier League jauh lebih tinggi,” tambahnya.

“Saya ingat Pep ketika di Barcelona bicara tentang kenapa membeli pemain kalau Anda bisa memainkan pemain-pemain muda. Tapi, setelah dia sekarang di Man City, mereka membeli pemain, tak banyak pemain-pemain muda yang naik dari akademi dan mereka mainkan,” kata Dyche di Sky Sports.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply