Juara La Liga Spanyol di Depan Mata Barcelona

Barcelona diambang untuk menjadi juara La Liga Spanyol musim ini setelah meraih kemenangan 2-0 atas Real Sociedad di Camp Nou, Ahad (10/5) dini hari WIB. Gol penentu kemenangan Blaugrana ini disumbangkan oleh Neymar dan Pedro.

Dengan tambahan tiga angka ini, Barca sekarang memimpin puncak klasemen dengan raihan 90 angka dari 36 laga. Sedangkan Real Madrid yang baru akan menjamu Valencia dalam beberapa menit ke depan, saat ini tertinggal lima angka. Dua laga tersisa yang akan dijalani Barca adalah melawan juara bertahan Atletico Madrid dan Deportivo La Coruna.

Barcelona memang harus meraih kemenangan dalam pertandingan ini demi menjaga jarak dengan Real Madrid di klasemen La Liga. Berkat kemenangan ini, Baca kini unggul lima poin atas pesaing terdekatnya itu. Madrid sendiri baru bertanding setelah laga Barca vs Sociedad. Pasukan Carlo Ancelotti berhadapan dengan Valencia dalam pertandingan pekan ke-36 ini.

Pelatih Barcelona, Luis Enrique, tetap memasang trio lini depan Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar. Sementara Sociedad mengusung formasi 4-3-1-2, dengan mengandalkan Carlos Vela sebagai striker tunggal didukung Xabi Prieto, Ruben Pardo, dan Sergio Canales. Tim asuhan David Moyes tersebut kini bertengger di urutan ke-11.

Barcelona memperoleh peluang pertamanya pada menit kesembilan. Sebuah umpan silang yang dikirim Dani Alves dimanfaatkan Lionel Messi dengan sundulan. Namun kiper Geronimo Rulli berhasil menepis bola ke atas mistar.

Empat kemudian Messi kembali mengancam. Kali ini dia mendapat umpan dari Neymar. Namun Rulli kembali menunjukkan kesigapannya. Dia berhasil menepis peluang yang didapat striker asal Argentina itu.

Sociedad mendapat peluang pada menit ke-27. Kesalahan bek Marc Bartra membuat Ruben Pardo mampu masuk ke pertahanan Barca. Dia kemudian memberikan bola kepada Carlos Vela yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Claudio Bravo. Namun pemain asal Meksiko ini tak menembakkan bola ke gawang malah memberikan umpan untuk Xabi Prieto, yang terperangkap offside.

Kiper Rulli kembali menjadi pahlawan Sociedad pada menit ke-29. Dia berhasil menggagalkan peluang yang didapat Gerard Pique.

Pada menit ke-34, Luis Suarez seharusnya bisa mencetak gol pertama Barca. Berawal dari operan Messi kepada Neymar yang kemudian memberikan bola kepada Suarez. Namun tendangan pemain Uruguay ini melebar. Skor 0-0 ini bertahan hingga babak pertama usai.

Barcelona baru berhasil mencetak gol pada babak kedua. Tuan rumah unggul 1-0 setelah Neymar mencetak gol pada menit ke-51.

Pemain asal Brasil itu memecah kebuntuan setelah sundulannya mampu menjebol gawang Real Sociedad, Geronimo Rulli yang sebenarnya tampil gemilang dalam pertandingan ini. Neymar mencetak gol setelah mendapat umpan dari Lionel Messi.

Masuknya Pedro Rodriguez menggantikan Rafinha pada menit ke-81 menjadi keputusan jitu dari pelatih Barca. Hanya empat menit setelah menjejakkan kaki di lapangan, pemain asli didikan Barcelona berhasil menambah keunggulan timnya.

Gol berawal dari Messi yang menggocek bola di sisi kanan. Dia kemudian memberi sodoran kepada Suarez namun memantul ke udara. Dengan instingnya yang luar biasa Pedro memanfaatkan situasi ini dengan tendangan sambil menjatuhkan diri yang menjebol gawang Rulli.

Skor 2-0 untuk keunggulan Barcelona bertahan sampai pertandingan usai. Ini kemenangan ke-29 Barcelona di ajang La Liga musim ini sekaligus makin mendekatkan mereka ke tangga juara. Kini mereka tinggal menyisakan dua pertandingan lagi.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): 13. Claudio Bravo; 22. Dani Alves, 3. Gerard Pique, 15. Marc Bartra (5. Sergio Busquets 60), 21. Adriano; 6. Xavi (8. Andres Iniesta 73), 14. Javier Mascherano, 12. Rafinha (7. Pedro 81); 10. Lionel Messi, 9. Luis Suarez, 11. Neymar

Real Sociedad (4-2-3-1): 1. Geronimo Rulli; 2. Carlos Martinez, 6. Inigo Martinez, 3. Mikel Gonzalez, 24. Alberto de la Bella; 5. Markel Bergara, 8. Esteban Granero; 10. Xabi Prieto, 14. Ruben Pardo, 16. Sergio Canales (18. Gonzalo Castro 72); 11. Carlos Vela ( 7. Alfred Finnbogason 76).

42 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply