Jual Ronaldo, Real Madrid Bisa Raih Rp5,9 Triliun

Real Madrid bisa mendapatkan 400 juta euro atau setara Rp5,95 triliun jika memutuskan untuk menjual Cristiano Ronaldo, yang belakangan santer dikabarkan ingin hengkang dari Santiago Bernabeu.

Ronaldo terus dikabarkan akan meninggalkan Madrid menyusul kasus penggelapan pajak yang menimpanya di Spanyol. Penyerang 32 tahun itu dikabarkan kecewa dengan pengadilan Spanyol dan pihak Madrid karena tidak mampu membantunya.

Bukan persoalan mudah menjual Ronaldo. Pasalnya, Madrid menempatkan klausul pelepasan kontrak yang sangat besar untuk Ronaldo, yakni 1 miliar euro atau setara Rp14,8 triliun.

Bahkan klub-klub kaya seperti Manchester United, Paris Saint-Germain, atau pun Manchester City, akan berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang sebesar itu. Begitu juga klub-klub di Liga Super China.

Dikutip dari Marca, Madrid siap melepas Ronaldo dengan kisaran harga 200 juta euro atau setara Rp2,97 triliun. Dengan harga tersebut, klub-klub seperti MU, PSG, atau klub Liga Super China masih berpeluang memberikan penawaran.

Sebagai tambahan, Madrid juga akan berhemat 200 juta euro jika menjual Ronaldo. Pasalnya, gaji per tahun Ronaldo di Madrid hingga 2021 adalah 50 juta euro atau setara Rp743 miliar.

Total, Madrid akan mendapatkan 400 juta euro dari penjualan Ronaldo, baik dari uang transfer dan penghematan gaji. Di sisi lain, Madrid juga akan kehilangan ratusan juta euro dari segi sponsorship jika Ronaldo hengkang.

Ronaldo sendiri diklaim sudah mengambil keputusan terkait masa depannya di Madrid. Keputusan itu diungkapkan Ronaldo kepada rekan setimnya di timnas Portugal di sela persiapan melawan Meksiko di Piala Konfederasi 2017.

“Saya akan meninggalkan Real Madrid. Saya sudah membuat keputusan. Tidak ada yang bisa membuat saya kembali,” ujar Ronaldo.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply