Islandia Tak Demam Panggung

Islandia menyongsong penampilan perdana di sebuah turnamen besar dengan rasa antusiasme dan semangat menggelora, bukannya rasa demam panggung.

Sebelum tahun 2016, Islandia belum pernah satu kali pun tampil di putaran final Piala Dunia maupun Piala Eropa. Tak heran jika keberhasilan meraih satu tiket ke Prancis musim panas ini sudah disambut gegap gempita 300 ribu penduduk negeri itu.

Kini Islandia bersiap menjalani penampilan pertama yang sudah amat dinanti-nantikan itu dengan menghadapi Portugal di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-√Čtienne, Rabu (15/6/2016) dinihari WIB.

“Saya sudah akan gembira dengan hasil seri jika level penampilan kami memang menyamai hasil itu, tapi kalau kami sebenarnya pantas menang dan malah cuma imbang maka saya akan kecewa,” kata pelatih Islandia Lars Lagerback seperti dikutip Reuters.

“Target kami adalah sebisa mungkin melakukan penguasaan bola. Jika kami tak bisa melakukannya maka kami akan melakukan serangan balik cepat. Kemungkinan besar Portugal akan sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola.

“Mereka punya para pemain istimewa dengan kemampuan spesial dan Ronaldo merupakan salah satu pemain terbaik dunia, tapi ini adalah mengenai pertandingan lawan tim. Kami menantikan debut Euro walaupun itu menghadapi salah satu favorit di turnamen,” tuturnya.

Islandia lolos ke putaran final setelah menyudahi fase kualifikasi dengan berada di posisi dua grupnya, dua angka di bawah Republik Ceko. Islandia unggul dua angka dari Turki di posisi tiga dan tujuh poin di atas tim tangguh Belanda yang akhirnya tidak lolos.

Keberhasilan Islandia saat itu terbilang mengejutkan. Tapi Islandia belum ingin berhenti memberi kejutan-kejutan lain, diawali dari ketika menghadapi Cristiano Ronaldo cs dinihari nanti.

“Berada di sini rasanya sungguh luar biasa dan apa yang sudah kami capai ini luar biasa, tapi kami harus tetap tenang dan menghadapi laga nanti sebagaimana pertandingan lainnya. Saya sudah memimpikan hal ini sejak kecil dan semua pemain lain pun selalu memikirkan bahwa pada suatu hari kami akan berkesempatan main di pentas besar,” ucap kapten Aron Gunnarsson.

“Kami amat antusias, kami sudah lama menanti dimulainya Piala Eropa. Kami bangga sudah mengukir sejarah, tapi persiapan kami tidak jauh beda seperti di kualifikasi lalu. Saya yakin antusiasme di skuat akan tumbuh semakin dekat ke pertandingannya dan semoga saja itu akan menjadi faktor yang memotivasi kami untuk mengulangi performa di kualifikasi,” sambung Gylfi Sigurdsson.

50 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply