Ini Tanggapan Menpora soal Penggunaan Wasit Asing di Liga 1

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi tak keberatan dengan penggunaan wasit asing di Liga 1. Tapi ia juga mengingatkan agar kualitas wasit lokal juga harus ditingkatkan.

Memasuki putaran kedua Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator membuat terobosan dengan digunakannya wasit asing. Mereka akan bertugas sebagai wasit tengah.

“Bagi saya (penggunaan wasit asing) sah-sah saja. Tapi itu jangka pendek saja. Jangka panjang (harus dipikirkan),” kata Menpora saat ditemui di Universitas Padjadjaran, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Selasa (1/8/2017).

Di sisi lain, menurutnya, wasit lokal harus terus ditingkatkan kemampuannya agar di masa mendatang memiliki kualitas mumpuni. Menpora bahkan berharap nantinya ada wasit-wasit Indonesia yang direkrut oleh liga-liga di luar negeri.

“Kita harus betul-betul menyiapkan wasit yang punya lisensi dan tentu ke depan wasit kita yang direkrut luar negeri. Maka harus banyak pelatihan-pelatihan wasit,” ujarnya.

Menpora turut mengingatkan supaya publik sepakbola Indonesia tidak terlalu terbuai dengan kehadiran wasit asing. Ia ingin sosok wasit, pemain, dan pelatih asing dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk transfer ilmu dan bukannya berdampak negatif ke sepakbola Indonesia. “Jangan sampai wasit asing justru lebih mudah dikompromikan,” ucapnya.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply