Indra Sjafri: Piala AFF Cuma Awal, Gelar Juara Jadi Suntikan Moral

Pelatih tim nasional Indonesia U-22, Indra Sjafri berharap sukses di Piala AFF tak terlalu lama dirayakan. Sebab tantangan-tantangan lain masih menanti.

Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-22 2019. Andy Setyo dkk membawa pulang trofi juara usai mengalahkan Thailand di babak final dengan skor 2-1.

Skuat ‘Garuda Muda’ muda pun pulang dari Kamboja dengan sambutan meriah, mengingat saat ini sepakbola tanah air tengah digoyang isu mafia dan pengaturan skor. Indra menyebut para pemain layak mendapatkan apresiasi besar ini sebagai tokoh utama.

“Saya bukan sosok penting, sosok penting adalah pemain kami. Mereka adalah pahlawan yang berjuang di lapangan. Saya hanya orang yang mengumpulkan orang penting ini,” ujar Indra di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (27/2/2019).

Meski demikian, Indra meminta euforia tak berjalan terlalu lama. Tim ‘Merah-Putih’ sudah ditunggu tantangan-tantangan lain seperti Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 juga SEA Games di akhir tahun.

“Ini memang patut dihebohkan karena dari lima pertandingan di Piala AFF, kami tanpa terkalahkan. Tapi ini baru awal dari pekerjaan besar yang ditugaskan, saya mendapatkan tugas dengan durasi 2 tahun. Tugas pertama di tahun pertama adalah Piala AFF, Kualifikasi Piala AFC, SEA Games medali emas,” ujar Indra.

“Piala AFF bukan target utama kami karena target utama kami adalah lolos AFC dan emas SEA Games. Karena sudah dari 1991 belum pernah satu pun medali emas kami dapatkan.”

“Oleh sebab itu, kami jadikan ini motivasi bagi kami adalah kemenangan moral kami untuk bertarung di babak kualifikasi Piala AFC yang lawannya sama persis seperti di Piala AFF. Tanggal 22 Maret kami main lawan Thailand, tanggal 24 lawan Vietnam, 26 lawan Brunei Darussalam.”

“Kalau tiga-tiganya kami menang, kami lolos kualifikasi Piala Asia dan itu akan menentukan, 16 besar menjadi empat besar. Kalau bisa lolos empat besar, kami bisa ikut Olimpiade di sepakbola untuk pertama kalinya,” tandasnya.

Pada Kualifikasi Piala AFC, Indonesia berada di Grup K bersama Thailand, Vietnam dan Brunei Darussalam. Semua laga di fase grup digelar di Vietnam.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply