Gunawan Dwi Cahyo: Pemain Cadangan yang Jadi Pahlawan Persija

Gunawan Dwi Cahyo: Pemain Cadangan yang Jadi Pahlawan Persija

Kisah Gunawan Dwi Cahyo bersama Persija Jakarta di turnamen Torabika Soccer Championship 2016, presented by im3 ooredoo bak dongeng. Pasalnya, sempat tak terpakai di awal musim, Gunawan justru kini mampu berubah menjadi pahlawan bagi Macan Kemayoran.

Di era Paulo Camargo, Gunawan bukanlah pilihan pertama dalam skema permainannya. Camargo lebih senang menduetkan Maman Abdurahman dan William Pacheco di posisi bek tengah.

Hal itu dibuktikan setelah dalam dua laga awal, Gunawan tak sekali pun mencicipi menit bermain di lapangan. Baru pada pekan ketiga ketika melawan Persela Lamongan, Gunawan mendapatkan kesempatan bermain usai diturunkan Camargo, itu pun pada menit ke-90.

Setelah itu pada tiga pertandingan selanjutnya saat melawan Perseru Serui, Barito Putera dan PS TNI, Gunawan kembali harus duduk d ibangku cadangan tanpa sekalipun diberi kesempatan bermain.

Bak gayung bersambut, pada pekan selanjutnya, William Pacheco mendapatkan kartu merah ketika berhadapan dengan Arema Cronus. Kesempatan ini membuat Gunawan dimasukkan pada menit ke-45 dan mampu tampil apik.

Sayangnya baru sukses mendapatkan tempat di starter, Gunawan harus rela gawangnya kebobolan enam gol dalam dua laga ketika takluk 0-3 dari Sriwijaya FC dan Pusamania Borneo FC. Kendati demikian, tempat utama di susunan pemain Persija telah berhasil disegel oleh eks pemain timnas U-23 ini.

Puncak performa Gunawan terjadi ketika Persija bertandang ke Stadion Tri Dharma untuk menghadapi Gresik United. Pada laga yang berkesudahan dengan skor akhir 2-2 itu, Gunawan sukses memborong dua gol bagi Persija.

Gunawan kembali menjadi pahlawan bagi Macan Kemayoran saat menjamu Perseru Serui di Stadion Manahan, Solo pada pekan ke-21 TSC 2016. Di laga yang berakhir dengan skor 2-1 itu, eks-pemain Mitra Kukar itu mencetak gol kemenangan Persija pada menit ke-83. Gol dari Gunawan menjadi sangat penting karena sekaligus memutus rentetan 14 laga tak pernah menang bagi Persija di TSC 2016.

Selain itu, tambahan satu gol ketika melawan Perseru juga membuat Gunawan menjadi top skorer sementara Persija dengan koleksi tiga gol. Dia mampu mengalahkan striker-striker Persija seperti Emmanuel Kenmogne (1 gol) serta Bambang Pamungkas, Rachmat Affandi dan Rodrigo Tosi yang belum mencetak gol.

Tak sampai disitu, koleksi tiga gol juga membuat pemain jangkung ini masuk dalam deretan bek tengah subur di TSC 2016. Torehan gol Gunawan hanya kalah dari Otavio Dutra (5 gol) serta menyamai Hamka Hamzah (3 gol).

Jika masuk ke dalam statistik individu, pemain dengan tinggi 180 cm ini juga sangat mencolol. Dilansir Labbola, Gunawan memiliki akuarasi operan mencapai 86 persen. Sedangkan akurasi umpan silang dan keberhasilan melakukan dribel mencapai 100 persen.

Berkaca pada pencapaian ini, pantaslah Gunawan mendapatkan predikat pahlawan Persija. Sebab, disaat nyaris semua pemain tampil di bawah performa, pemain yang identik dengan selebrasi ala pemanah ini mampu tampil sangat konsisten.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply