Enrique: Messi adalah Total Football

Enrique: Messi adalah Total Football

Pelatih Barcelona Luis Enrique memuji performa gemilang Lionel Messi yang semula sempat diragukan tampil melawan Celtic karena pemulihan cedera pangkal paha.

Dalam laga yang berlangsung di Camp Nou, Selasa (13/9) tersebut, Messi mencetak hattrick dan menyumbang satu assist untuk kemenangan telak Barca 7-0 atas Celtic.

Usai pertandingan, Enrique mengaku dirinya menempatkan Messi dalam posisi bebas untuk memaksimalkan potensinya dalam laga pertama Grup C Liga Champions tersebut. Messi begitu dominan di lini depan bekerja sama dengan Luis Suarez dan Neymar.

“Dia bermain dimana saja karena dia memiliki kebebasan,” kata Enrique usai laga seperti dikutip dari Goal.

”Jika anda memainkannya sebagai [pemain bernomor punggung] enam, seorang delapan, atau seorang 10, dia tetap yang terbaik di dunia.”

Enrique pun memuji Messi dengan filosofi permainan sepak bola Belanda yang dibawa mendiang Johan Cruyff ke Barcelona, Total Football.

“Tanpa keraguan apapun – untuk nomornya dan visi permainan sepak bolanya. Dia adalah total football,” tukas Enrique.

Hattrick yang dicetak Messi dalam laga menjamu Celtic itu pun menjadi rekor baru di Eropa. Dia adalah pemain pertama yang mencetak tiga gol dalam satu laga sebanyak enam kali di ajang kompetisi kelas atas antarklub Eropa.

Dalam laga tersebut Barcelona menang tujuh gol tanpa kebobolan. Selain Messi yang hattrick, empat gol lain dicetak Neymar (50’), Andres Iniesta (59’), dan Luis Suarez (75’ dan 88’).

Pada babak pertama Messi berhasil membawa Barca unggul 2-0. Messi membawa Barca unggul cepat pada menit ketiga.

Pria yang sempat diragukan tampil karena cedera pangkal paha itu bekerja sama apik dengan Neymar dan Alba sebelum menjebol gawang Celtic.

Tertinggal 0-1, Celtic berusaha mengejar ketinggalan, Hasilnya Moussa Dembele mendapatkan kesempatan emas dari titik penalti pada menit ke-24. Sayang tembakannya masih bisa dibaca kiper Barca Marc-Andre ter Stegen.

Justru tiga menit kemudian, Messi berhasil menggandakan keunggulan Barca. Pada menit ke-27 ia kembali menjebol gawang Celtic buah hasil kerja sama dengan Neymar.

Memasuki babak kedua permainan Barcelona semakin mendominasi di lapangan hijau. Hasilnya memasuki menit ke-50 Neymar mencetak gol dari tendangan bebas apik ke gawang Dorus de Vries.

Unggul 3-0 membuat para pemain Barcelona bermain semakin lepas. Neymar pun pantas mendapatkan kredit karena jumlah assist yang ia hasilkan malam ini. Jika Messi mencetak hattrick gol, Neymar menyumbang empat assist untuk gol-gol Barca.

Setelah mencetak gol lewat tendangan bebas, Neymar lalu memberi assist berupa umpan silang yang disambut Iniesta dengan tembakan voli pada menit ke-59. Umpn silangnya pun berbuah gol pertama Suarez dalam laga tersebut pada menit ke-75 lewat tembakan voli.

Sebelum Suarez mencetak gol, ia menyumbang assist utuk gol ketiga Messi lewat kerja sama satu dua dalam rangkaian skema serangan balik pada menit ke-60.

Messi lalu memberikan assist untuk gol terakhir Suarez pad amenit ke-88. Umpan terukur Messi ke dalam kotak penalti berhasil disambar Suarez untuk gol ketujuh Barca ke gawang Celtic.

Kemenangan ini untuk sementara membawa Barca ke puncak klasemen grup C, karena Manchester City dan Borussia Moenchengladbach baru akan bermain hari ini.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply