Duel Alisson vs Ter Stegen, Siapa Lebih Tangguh?

Barcelona vs Liverpool akan mempertemukan Alisson Becker dan Marc-Andre ter Stegen. Jika dilihat dari statistik di musim ini siapakah yang lebih tangguh?

Barcelona akan menjamu Liverpool pada leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis (6/1/2019) dinihari WIB. Laga di Camp Nou akan menyajikan duel Alisson dan Ter Stegen.

Keduanya kiper ini bisa dibilang punya peran cukup vital di balik keberhasilan tim mereka melaju ke semifinal Liga Champions. Ini dibuktikan dengan Barcelona dan Liverpool kebobolan cukup minim di ajang tersebut musim ini.

Blaugrana baru kebobolan enam gol sedangkan jala Liverpool baru sembilan kali digetarkan oleh tim lawan. Lalu jika dilihat dari statistik di Liga Champions musim ini, siapakah yang lebih tangguh antara Alisson dan Ter Stegen?

Cleansheet

Dilansir dari situs resmi UEFA, Ter Stegen menjadi kiper dengan jumlah cleansheet terbanyak di Liga Champions musim ini bersama Wojciech Szczesny. Pria asal Jerman ini berhasil tak kebobolan dalam lima laga.

Sementara, Alisson telah mencatatkan empat cleansheet di Liga Champions musim ini. Namun torehannya di atas, semuanya terjadi kala ia berlaga di Anfield.

Penyelamatan

Alisson memang kalah dari Ter Stegen soal cleansheet. Namun jika menilik dari jumlah penyelamatan, kiper timnas Brasil ini lebih superior.

Penjaga gawang 26 tahun tersebut telah telah 31 kali menghindarkan Liverpool dari kebobolan berkat penyelamatannya. Sedangkan Ter Stegen sedikit lebih terbantu oleh kukuhnya pertahanan Barca. Dimana ia mencatatkan 24 penyelamatan.

Distribusi Bola

Selain tangguh di bawah mistar, kedua kiper ini juga punya kemampuan menawan dalam mendistribusikan bola. Kemampuan umpan Ter Stegen dan Alisson punya peran penting dalam bagunan serangan tim mereka masing-masing.

Soal hal ini, Ter Stegen punya akurasi umpan yang lebih baik. Kiper 27 tahun ini punya rataan umpan sukses 87 persen dibanding dengan Alisson yang hanya 83 persen.


0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply