Dua Gol Man City Dianggap Kontroversial, VAR ke Mana?

Di balik comeback gemilang Manchester City atas Swnasea City, ada perdebatan terhadap dua gol The Citizens. Memangnya VAR ke mana?

City menang 3-2 atas Swansea City setelah tertinggal dua gol lebih dulu. Dari tiga gol yang dibuat The Citizens, dua di antaranya dianggap kontroversial.

Yang pertama saat Raheem Sterling jatuh di kotak penalti akibat tekel Carter-Vickers. Tayangan ulang menunjukkan kalau kontak antara mereka sangat minim. Sergio Aguero yang mengeksekusi penalti gagal karena upayanya mengenai tiang, namun bola tetap masuk gawang karena memantul mengenai tubuh kiper Kristoffer Nordfeldt.

Gol ketiga City, yang akhirnya menjadi penentu akhir laga ini, juga diliputi kontroversi. Sergio Aguero berada dalam posisi offside saat menanduk bola yang diumpan Bernardo Silva ke dalam gawang.

Ketiadaan VAR sangat berpengaruh dalam hasil akhir laga Swanse vs Manchester City ini. Di Liberty Stadium malam tadi, VAR memang tidak ada.

Kondisi berbeda dengan apa yang terjadi di Molineux Stadium. VAR membantu wasit saat menghukum Victor Lindelof dengan kartu merah namun kemudian merevisi menjadi kartu kuning.

Meski VAR sudah digunakan di Piala FA, tidak semua pertandingan didukung oleh teknologi tersebut. Untuk empat laga perempatfinal saja, hanya duel Wolves vs MU dan Watford vs Crystal Palace yang didukung VAR.

Meski punya peran penting menentukan hasil laga, FA belum menerapkan VAR pada seluruh pertandingan Piala FA. Biaya yang mahal membuat hanya klub-klub Premier League saja yang stadionnya difasilitasi VAR.

Swansea, yang kini berlaga di Divisi Championship, harus menerima kenyataan pahit tersingkir dari Piala FA karena tak ada VAR.


0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply