Dokter Ungkap Kondisi Terkini Bagas di Timnas

Dokter Timnas Indonesia Syarif Alwi membeberkan kondisi terkini Bagas Adi Nugroho. Bagas mengalami cedera lutut usai membela Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia U-22 2018 di Thailand beberapa waktu lalu.

Berdasarkan pemeriksaan terakhir yang dilakukan, Rabu (9/8) pagi, Syarif mengatakan rasa sakit di bagian lutut yang dialami Bagas sudah mengalami perbaikan yang cukup bagus. Namun, mesti dilakukan tes di lapangan untuk menentukan kondisi pasti cedera tersebut.

Secara teoritis, jelas Syarif, butuh waktu paling tidak sampai 1,5 bulan untuk penyembuhan cedera Bagas. Namun, selama lebih dari dua pekan terakhir dokter timnas terus berusaha keras untuk mempercepat proses pemulihan Bagas.

“Kira-kira tadi ditanya rasa sakitnya itu, dari nilai 1-10 untuk paling sakit, Bagas ada di nomor dua atau bisa dibilang sudah tidak sakit untuk melakukan gerakan-gerakan. Tapi kan kita tidak tahu kalau di lapangan seperti apa, akan kami tes,” jelasnya.

Bagas disebut pelatih Timnas Luis Milla merupakan pemain yang penting dan dibutuhkan tim. Sebagai pemain belakang, Bagas punya tugas berat untuk menjaga pertahanan timnas Indonesia.

Sebab itu, Bagas akan terus dipantau sampai hari terakhir pemusatan latihan berlangsung, Jumat (11/8) atau sampai sehari sebelum keberangkatan timnas ke Malaysia, Sabtu (12/8).

“Kalau dia (Bagas) masih merasakan sesuatu saat tes di lapangan, rasa sakitnya masih ada, mungkin berat untuk tetap dibawa (ke SEA Games),” sebut Syarif.

“Kami tidak mau kecolongan membawa pemain yang tidak benar-benar fit. Hanya pemain yang benar-benar fit yang akan dibawa ke SEA Games Malaysia,” tegasnya.

Sementara itu, asisten pelatih Timnas Bima Sakti mengatakan jika Bagas pada akhirnya tidak ikut berangkat, pelatih telah menyiapkan Andi Setyo Nugroho dan Ryuji Utomo sebagai pengganti. Bahkan, Ricky Fajrin Saputra sudah didorong pelatih untuk menjadi bek tengah.

Tim Milla sejauh ini masih akan menunggu sampai hari terakhir pemusatan latihan untuk menentukan 20 nama pemain plus satu cadangan kiper yang akan dibawa ke Malaysia.

Tim pelatih disebut Bima kesulitan untuk menentukan pemain yang akan diboyong lantaran semua pemain memiliki grafik peningkatan performa yang bagus.

“Nur (Ahmad Nur Hadianto) tidak (ikut). Dia harus penyembuhan dan recovery lagi. Untuk Bagas, akan dilihat dalam beberapa hari ini,” pungkas Bima.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply