Di Usia 51 Tahun dan Sudah Jadi Presiden, Weah Perkuat Timnas Liberia Lagi

Di Usia 51 Tahun dan Sudah Jadi Presiden, Weah Perkuat Timnas Liberia Lagi

George Weah memperkuat tim nasional Liberia lagi di usia 51 tahun. Pria yang kini menjabat Presiden Liberia itu bertanding melawan Nigeria di laga uji coba.

Weah sudah pensiun bermain sepakbola sejak 2003 silam, ketika memperkuat Al Jazira di Liga Uni Emirat Arab. Semasa aktif, pemain yang dianggap sebagai talenta terbaik Afrika ini pernah memperkuat AS Monaco, Paris Saint-Germain, AC Milan, Chelsea, Manchester City, dan Marseille.

Titik terbaik dalam kariernya adalah ketika memenangi penghargaan Pemain Terbaik Dunia, baik versi FIFA maupun Ballon d’Or, pada 1995. Dia masih jadi satu-satunya pemain Afrika yang memenangi penghargaan tersebut.

Selepas pensiun sebagai pesepakbola, Weah terjun ke politik. Usai jadi anggota dewan pada 2015, pria yang memenangi dua scudetto bareng Milan ini terpilih jadi presiden Liberia dalam pemilihan umum 2017 dan disumpah pada Januari 2018 lalu.

Menariknya, Weah memutuskan kembali bermain sepakbola saat membela Liberia menghadapi Nigeria, pada laga uji coba di Monrovia pada 11 September. Dalam pertandingan ini, pria 51 tahun itu bermain sebagai starter dan turut selama 79 menit.

Laga ini sendiri memang dirancang Liberia sebagai momen untuk memensiunkan nomor punggung 14, yang dikenakan Weah semasa aktif. Weah mendapatkan standing ovation ketika ditarik keluar, di mana laga berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan Nigeria.

Nigeria sendiri menurunkan susunan pemain yang relatif kuat. Mereka memainkan Wilfred Ndidi (Leicester City), Kelechi Iheanacho (Leicester City), Peter Etebo (Stoke City).

Selain memenangi dua scudetto bersama Milan, Weah menjuarai Liga Prancis bersama PSG. Dia juga memenangi Coupe de France bersama PSG dan Monaco, dan meraih Piala FA bareng Chelsea.

Weah tampil sebanyak 478 kali di level klub, mencetak total 193 gol. Di timnas Liberia, dia bermain 61 kali dan bikin 22 gol.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply