Bonek Terus Tinggalkan Surabaya Menuju Bandung untuk Kawal Kongres PSSI

Suporter Persebaya atau bonek secara bergelombang terus meninggalkan Surabaya menuju Bandung. Mereka pergi menggunakan beragam moda transportasi, termasuk menumpang truk.

Bonek menuju ke Bandung untuk ikut mengawal kongres PSSI yang akan digelar Minggu, 8 Januari 2017. Bonek ingin agar Persebaya diakui dan bisa ikut serta dalam kompetisi nasional di musim mendatang.

Salah satu sarana transportasi massa yang dituju bonek adalah kereta api yang berangkat dari Stasiun Gubeng. Pagi tadi, sekitar 150 bonek berangkat menggunakan KA Pasundan dengan jam keberangkatan 08.15 WIB. Pengawalan terhadap bonek dilakukan oleh polisi.

Sebelum masuk ke area dalam stasiun, terhadap para bonek dilakuan pemeriksaan di boarding di Stasiun Gubeng. Selain tiket, dilakukan pemeriksaan juga terhadap barang bawaan para bonek.

“Alhamdulillah, proses pemeriksaan tiket dan barang bawaan berlangsung tertib, lancar, dan kondusif. Semua bertiket serta tidak ditemukan barang-barang yang dilarang seperti senjata tajam, batu, miras, ataupun petasan,” ujar Manager Humas Daops 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko, Jumat (6/1/2017).

Sementara itu, koordinator bonek, Andi Peci, mengatakan bahwa ini adalah sebagian kecil gelombang massa bonek yang berangkat ke Jakarta. Sebagian massa bonek, kata Andi, sudah berangkat ke Bandung sejak kemarin. Dan massa akan terus berangkat hari ini dan esok.

“Yang berangkat ke Bandung dan turut mengawal kongres PSSI ada sekitar 3.000 bonek. Massa bonek berangkat selain menggunakan kereta api, juga naik mobil, bus, dan estafet,” kata Andi.

Dari pengamatan detikcom, para bonek yang tidak mempunyai uang atau uang sakunya pas-pasan lebih memilih menumpang truk yang menuju ke arah Bandung. Bila tidak ada yang langsung menuju ke Bandung, mereka memilih estafet dengan menumpang dari truk ke truk yang pada akhirnya membawa mereka ke lokasi yang dituju.

Mereka yang kebanyakan pada ABG dan pemuda, banyak memenuhi jalan menuju ke arah Gresik. Mereka melambaikan tangan ke arah truk, berusaha meminta tumpangan menuju ke arah utara.

Tiba di Bandung, Bonek Langsung Digiring ke Stadion

Berdasarkan pantauan detik.com di Bandung, puluhan bonek terus berdatangan. Mereka tiba di Gor Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Jumat (6/1/2017). Mereka datang datang dari Surabaya menumpangi berbagai macam kendaraan.

“Dari Surabaya numpang-numpang truk atau mobil bak terbuka,” kata salah seorang bonek menjawab pertanyaan petugas polisi.

Bonek lainnya yang sudah lebih dulu tiba di Bandung, Anto (20), mengaku bertolak dari Surabaya pada Rabu (4/1/2017) sekitar pukul 23.00 WIB. Bersama sekitar 30 temannya, ia tiba di Bandung pada Kamis (5/1/2017) sekitar pukul 22.00 WIB.

“Kita menumpang kendaraan pakai jalur Cirebon. Masih banyak teman-teman lain di belakang. Ada yang pakai bus dan kereta api,” ucap dia.

Setiba di Bandung dengan menumpangi truk, ia bersama rekannya langsung digiring oleh pihak kepolisian menuju Gor Pajajaran. Pemkot Bandung sudah memfasilitasi Gor Pajajaran dan Gor Lodaya untuk para bonek tinggal.

“Tadi malam ada polisi bawa kita ke sini (Gor Pajajaran),” ungkap Anto

Hingga pukul 11.22 WIB tercatat sudah ada 140 orang bonek yang tertampung di Gor Pajajaran Bandung. Mereka tidur dan makan di lokasi itu. Puluhan petugas kepolisian berjaga-jaga di Gor Pajajaran untuk mendata massa bonek yang datang.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply