Berstatus Debutan, Slovakia Tetap Pede Bisa Tampil Bagus

Slovakia adalah salah satu tim debutan di Piala Eropa kali ini. Kendati begitu, Slovakia yakin bisa tampil bagus di Prancis nanti.

Slovakia lolos dari Grup C pada babak kualifikasi sebagai runner-up. Di grup yang sama, mereka tergabung bersama juara Piala Eropa 2012, Spanyol, yang sempat mereka kalahkan 2-1 di Zilina pada Oktober 2014.

Tim besutan Jan Kozak tersebut mencetak 17 gol dalam 10 laga di babak kualifikasi. Gelandang sekaligus salah satu bintang mereka, Marek Hamsik, mencetak 5 gol di antaranya dan menjadi salah satu topskorer Grup C –bersama dengan penyerang Spanyol, Paco Alcacer.

Kendati berstatus sebagai debutan, Slovakia punya sederet pemain yang terhitung punya nama di berbagai di liga top Eropa. Selain Hamsik, mereka juga punya Jurac Kucka (AC Milan) dan Martin Skrtel (Liverpool), plus nama-nama seperti Vladimir Weiss dan Miroslav Stoch.

Bermain dengan formasi 4-2-3-1, Slovakia memberikan kebebasan kepada Hamsik sebagai playmaker. Ini yang kemudian membuatnya tidak hanya berperan sebagai pengatur serangan saja, tetapi juga pencetak gol.

Di belakang Hamsik, Slovakia punya Kucka yang bisa berperan sebagai box-to-box midfielder dan gelandang berusia 33 tahun, Viktor Pecovsky, yang lebih berperan melapis lini pertahanan.

“Ada rasa tanggung jawab dalam diri kami karena kami tidak ingin mengecewakan pendukung Slovakia,” ujar Kozak seperti dilansir TASR.

“Saya yakin, kami akan tampil bagus. Persiapan kami berjalan lancar; semuanya kini tinggal tergantung sikap pemain,” kata pelatih berusia 62 tahun tersebut.

Di Piala Eropa 2016, Slovakia tergabung di Grup B bersama Inggris, Rusia, dan Wales. Pada laga perdana, 11 Juni waktu setempat, Slovakia akan menghadapi Wales di Bordeaux.

18 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply