Badan Wasit Liga Inggris Berjanji akan Perbaiki Penerapan VAR

Kontroversi yang ditimbulkan VAR membuat Badan Elite Wasit Liga Inggris mengadakan pertemuan dengan pihak klub. Mereka berjanji akan memperbaiki penerapannya.

Musim ini untuk pertama kalinya VAR diterapkan di Liga Inggris. Penggunaan teknologi ini jelas diharapkan bisa membantu wasit dalam mengambil keputusan.

Namun dalam kenyataannya banyak kontroversi yang mengiringi keputusan yang dibuat oleh VAR. Contoh teranyar adalah saat VAR tak memberikan penalti kepada Manchester City di laga kontra Liverpool meski Trent Alexander-Arnold terlihat handball.

Untuk membahas perdebatan akibat VAR ini, Ketua Badan Elite Wasit Liga Inggris (PGMOL), Mike Riley mengadakan pertemuan dengan perwakilan klub, Kamis (14/11/2019) waktu Inggris. Riley berjanji akan memperbaiki penggunaan VAR agar lebih efektif.

Ia juga menegaskan akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan para fans terkait hal tersebut. Pertemuan ini menjadi jawaban dari kritik yang sebelumnya sering dialamatkan klub kepada PGMOL.

“Premier League dan Badan Elite Wasit Liga Inggris (PGMOL) berkomitmen untuk meningkatkan agar keputusan diambil oleh VAR lebih konsisten dan cepat. Kami juga akan lebih sering berkomunikasi dengan para para Fan,” ujar Riley dikutip dari BBC.

Namun Chairman West Ham United, David Gold, mengatakan bahwa perubahan yang diungkapkan oleh PGMOL di atas tak akan terealisasi di sisa musim ini. Maka dari itu, ia berharap para klub bisa lebih bersabar

“Tidak akan ada perubahan signifikan di musim ini,” kata Gold setelah pertemuan tersebut

“Ada banyak perdebatan namun hal ini memang adalah sistem yang benar-benar baru, jadi kita harus sedikit lebih sabar. Yang bisa saya katakan adalah bahwa VAR masih diberlakukan dan menimbulkan keluhan,” jelasnya.


0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply