Arsenal Kini Punya ‘Andrea Pirlo’

Arsenal disebut beruntung bisa mendapatkan Granit Xhaka. Kualitas oke Xhaka membuatnya disebut-sebut sebagai jelmaan Andrea Pirlo.

Granit Xhaka resmi menjadi pemain baru pertama Arsenal untuk musim depan, setelah didatangkan dari Borussia Moenchengladbach dengan banderol sekitar 30 juta euro.

Di Arsenal nanti, gelandang asal Swiss itu akan dikontrak berdurasi jangka panjang. Media-media Inggris pun lantas memuji langkah brilian Arsenal mendatangkan Arsenal ini.

Dalam diri Xhaka, Arsenal disebut mendapatkan dua gelandang sekaligus, yang mahir dalam menggalang pertahanan serta membantu penyerangan.

Selama Xhaka berkarier di Jerman, banyak eks pemain yang memuji kualitasnya. Ia mampu menerima bola dari lini belakang dan membawanya sendirian karena ia punya kemampuan dribel mumpuni. Menurut catatan Squawka, dari 37 percobaan melewati lawan di Bundesliga musim 2015/2016, Xhaka berhasil pada 30 di antaranya. Artinya, persentase keberhasilan dribelnya mencapai 81%.

Akurasi operan Xhaka pun bagus, yakni mencapai 85%. Dengan demikian, stok gelandang tengah dan gelandang bertahan Arsenal terbilang komplet. Bahkan Arsenal disebut sudah memiliki ‘Andrea Pirlo’ dalam diri Xhaka.

“Granit adalah pemain yang sangat hebat dalam menguasai bola. Pemain ini punya kaki kiri ajaib. Dia bisa mengarahkan bola ke seluruh penjuru lapangan. Dia punya tekel kuat – dia sangat agresif saat melancarkan tekel – dan secara keseluruhan dia adalah pemain yang sangat, sangat, sangat bagus,” ujar eks bek Arsenal Djohan Djourou kepada Mirror.

“Dia bisa mengumpan. Dia bisa menekal, dia bisa memberi assist. Saya ingin bilang, jika saya harus jujur, ada sedikit Andrea Pirlo dalam dirinya, hanya dalam tingkat presisi saat dia memainkan bola. Granit bisa memberikan bola-bola seperti itu,” sambung Djourou yang juga rekan Xhaka di timnas Swiss.

“Dia bisa merebut bola dan langsung melepaskan bola sejauh 40 yard ke kaki Anda. Dia tipe pemain seperti itu, tapi lebih mengutamakan fisik.”

“Sulit untuk memberi penjelasan secara lengka tapi saya ingin bilang bahwa ada sedikit Pirlo dalam dirinya,” tutup Djourou.

30 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply