Alexis Dua Gol, Arsenal atasi Bournemouth 3-1

Alexis Dua Gol, Arsenal atasi Bournemouth 3-1

Arsenal sukses mengatasi perlawanan Bournemouth di pekan ke-13. Dua gol Alexis Sanchez membawa The Gunners menang 3-1.

Menjamu Bournemouth di Emirates Stadium, Minggu (27/11/2016) malam WIB, Arsenal sempat dibuat cukup kerepotan. Di babak pertama, Bournemouth tampil baik untuk mengontrol permainan.

Arsenal unggul lebih dulu lewat Alexis di menit ke-12 berkat kesalahan fatal pertahanan Bournemouth. Tapi skor kembali seimbang di menit ke-23 melalui eksekusi penalti Callum Wilson.

Di babak kedua, permainan Arsenal membaik. Skuat besutan Arsene Wenger amat mengontrol pertandingan. Theo Walcott membawa Arsenal kembali memimpin di menit ke-53, sebelum kemudian Alexis menegaskan keunggulan tim di masa injury time.

Kemenangan ini tak mengubah posisi Arsenal di klasemen. Mereka menempati urutan empat dengan kini mengumpulkan nilai 28 dari 13 laga, sementara Bournemouth ada di posisi 11 dengan 15 poin.

Jalannya Pertandingan

Arsenal membangun ancaman di menit kedua lewat sisi kiri. Umpan silang Alex Oxlade-Chamberlain disambut sepakan Mesut Oezil di depan gawang. Tapi sepakan Oezil cuma membentur Nathan Ake.

Bournemouth merespons tak lama berselang dari serangan balik. Hanya saja tendangan Adam Smith dari depan kotak penalti tak terukur, melebar tipis ke sisi kanan.

Di menit ke-8, sepakan Mohamed Elneny dari dalam kotak penalti juga masih gagal mengarah ke gawang karena membentur pemain.

Empat menit kemudian, Arsenal memimpin. Kesalahan fatal Steve Cook saat mencoba mengembalikan bola ke kiper Adam Federici dimaksimalkan Alexis Sanchez. Umpannya terlalu pelan sehingga bola diserobot Alexis yang kemudian menaklukkan Federici.

Di menit ke-14, Arsenal mengklaim penalti setelah Alexis mendapatkan ganjalan dari Ake. Tapi wasit tak memberikannya, menilai Ake mendapatkan bola lebih dahulu.

Di menit ke-22, justru Arsenal yang dihukum penalti usai Nacho Monreal menjatuhkan Callum Wilson. Wilson maju sebagai eksekutor dan sukses mengecoh Cech.

Bournemouth membuang sebuah peluang apik untuk berbalik unggul di menit ke-25. Dari situasi bola mati, Ake menyundul bola di sisi kiri dan diarahkan ke tengah. Adam Smith berdiri bebas di sana tapi gagal mengarahkan bola ke gawang, sundulannya melambung.

Arsenal kembali mendapatkan ancaman tiga menit kemudian. Bournemouth menyerang dengan apik di kiri, di mana Joshua King memberikan umpan terobosan lewat tumit ke Brad Smith.

Alih-alih mengoper ke Wilson yang berdiri bebas di muka gawang, Smith mencoba menembak dari sudut sempit dan terhalau.

Setengah jam berlalu, Arsenal tampak tertekan. Bournemouth menguasai bola dengan baik dan mendesak tuan rumah.

Memasuki menit ke-38, Arsenal mendapatkan kans. Alexis menusuk di sisi kiri lalu memainkan umpan satu-dua dengan Oezil di dalam kotak penalti. Alexis mengakhiri dengan sepakan namun masih melambung.

Arsenal berhasil merebut kembali kontrol terhadap bola di fase akhir babak pertama. Tapi mereka dibuat kesulitan menembus pertahanan rapat Bournemouth di dalam kotak penalti.

Di masa injury time babak pertama, Arsenal nyaris saja unggul lewat gol spektakuler. Alexis mendapatkan umpan di sisi kanan dan melepaskan tendangan keras yang cuma menghantam mistar gawang. Babak pertama berakhir tak lama kemudian.

Arsenal memulai babak kedua dengan menguasai permainan dan gencar menekan. Serangan mereka membuahkan hasil di menit ke-53.

Oezil mulanya melepaskan umpan silang dari sisi kanan. Bola sempat dibelokkan Ake dan jatuh dalam jangkauan Monreal di kiri. Monreal lalu meneruskannya dengan umpan silang dan disambut sundulan Theo Walcott yang tak terkawal di tiang jauh. Arsenal kembali memimpin.

Arsenal mengontrol permainan dengan baik, tapi mereka nyaris kembali dihukum penalti di menit ke-73. Dalam sebuah serangan, upaya Simon Francis mengoper membuat bola melayang mengenai tangan Monreal. Tapi wasit tak memberikan penalti.

Arsenal mendapatkan ancaman serius di menit ke-76. Dari sepak pojok, umpan lambung sempat coba disundul Francis namun gagal. Bola berubah arah dan jatuh di kaki Benik Afobe yang lantas mengarahkannya ke gawang. Cech menunjukkan refleks cemerlang untuk menghalau bola.

Tuan rumah merespons di menit ke-82. Umpan silang Alexis coba ditanduk Olivier Giroud yang berduel dengan Ake. Bola cuma mengarah ke samping kiri gawang.

Masuknya Giroud memberikan Arsenal opsi lain dalam serangan. Dari situasi umpan silang lainnya, Giroud coba menyambar umpan Aaron Ramsey tapi kembali melebar.

Di menit ke-86, Giroud di dalam kotak penalti memantulkan bola untuk Ramsey yang berlari bebas. Namun tendangan keras Ramsey melambung tinggi.

Memasuki masa injury time, Arsenal memperlebar keunggulan. Lewat serangan balik, Giroud menusuk ke sisi kanan di dalam kotak penalti setelah bermain umpan satu-dua dengan Oezil. Giroud kemudian melepaskan umpan tarik dan disontek Alexis ke dalam gawang.

Skor tak berubah lagi sampai laga selesai.

Susunan pemain:

Arsenal: Cech; Debuchy (Gabriel 18′), Mustafi, Koscielny, Monreal; Elneny, Xhaka; Walcott (Giroud 76′), Ozil, Oxlade-Chamberlain (Ramsey 75′); Sanchez

Bournemouth: Federici; A. Smith, Francis, Cook, B. Smith (Mousset 81′); Gosling, Ake, Arter; King, Wilson (Afobe 63′), Stanislas (Ibe 71′)

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply