AFC Sambut Kembalinya Indonesia

Federasi Sepak Bola Asia (AFC) menyambut baik keputusan FIFA yang mencabut sanksi terhadap Indonesia pada kongres tahunan FIFA yang digelar di Meksiko City, Jumat (13/5). Hal itu diungkapkan langsung oleh Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

Shaikh Salman mengatakan bahwa dicabutnya sanksi kepada Indonesia itu tak lepas dari keputusan pemerintah Indonesia yang telah lebih dulu melakukan pencabutan pembekuaan PSSI. Sebab itu merupakan syarat yang diminta FIFA agar sanksi pada Tanah Air dapat ditarik.

“Ini berarti bahwa kongres FIFA dapat mengangkat sanksi pada Indonesia dan kami dapat menyambut mereka kembali ke keluarga sepakbola Asia,” kata Shaikh Salman dikutip dari situs resmi AFC.

Meski begitu, Shaikh Salman menyatakan pihaknya bersama FIFA akan terus melakukan pantauan terhadap Indonesia. Langkah tersebut dilakukan untuk melihat apakah masih ada intervensi dari pemerintah Indonesia atau tidak di dalamnya. Pasalnya berdasarkan statuta yang ada pemerintah tidak boleh melakukan intervensi.

“Komite Eksekutif AFC menegaskan minggu ini akan terus memantau terhadap intervensi pemerintah dalam olahraga umumnya dan sepakbola pada khususnya,” ucapnya.

“Pada pertemuan kami di Delhi November lalu, Doha pada bulan Januari dan Kuala Lumpur pada bulan Maret, Komite Eksekutif AFC di Mexico City menegaskan bahwa tidak ada tempat atau pembenaran untuk intervensi pemerintah,” imbuhnya.

Rencananya AFC akan melakukan pertemuan dengan pemerintah Indonesia dalam waktu dekat ini untuk membahas langkah-langkah berikutnya dalam hal kompetisi.

10 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply